BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Tanaman Kopi Jawa Barat Berperan Strategis Dalam Rangka Hari Kopi Internasional 2016

  Oct 10, 2016     Admin BPTP  

 

Komoditas kopi kini menjadi salah satu kekuatan ekonomi di Jawa Barat, yang memiliki peran sangat strategis bagi daerah ini. Kopi asal Jawa Barat pun kembali menjadi bagian papan atas bisnis kopi dunia, melalui nama Java Preanger coffee atau disebut pula Kopi Priangan Kalangan penggemar kopi dunia pun merayakan Hari Kopi Internasional, Sabtu, 1 Oktober 2016 lalu.

Seiring meningkatnya gaya hidup di perkotaan, kini sangat banyak kaum muda memenuhi kafe-kafe dan warung-warung kopi modern sehingga muncul menjadi minuman bergengsi. Peluang tersebut tentu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, melalui berbagai inovasi dan promosi Java Preanger Coffee agar semakin menarik minat konsumen lebih luas.

Strategisnya pengusahaan komoditas kopi bagi Jawa Barat, diketahui berperan bagi hajat hidup orang banyak, bukan hanya terkait pembukaan lapangan kerja dan perbaikan ekonomi masyarakat perdesaaan sampai ke perkotaan. Juga aspek kelestarian lingkungan, populasi tanaman kopi memiliki perakaran yang kuat, menajdi salah satu andalan pemulihan lahan kritis, pelestarian hutan, penahan bencana erosi dan banjir saat musim hujan, sumber cadangan air saat kemarau serta sumber oksigen.

Guru Besar Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor Akhmad Fauzi menyebutkan, seiring perkembangan zaman, meminum dan menikmati kopi kini sudah tertarik karakter kopi itu sendiri. Salah satunya adalah Java Preanger Coffee yang kembali membawa nama harum Jawa Barat, seperti zaman kolonial dahulu di kawasan Gunung Malabar, Bandung Selatan.

Ia mengutip ulasan pecinta kopi Trish Rothgeb dari Coffee Quality Institute yang dilansir tahun 2014 yang menyebutkan, terjadi fenomena monumental kopi dunia sejak tahun 2002. “Yang menonjol sejak tahun tersebut, kopi sudah menjadi life style alias gaya hidup bagi masyarakat urban,” ujarnya.

Disebutkan, kopi memasuki era sebagai komoditas kesehatan dengan konsumen cenderung memilih kopi pilihan termasuk kopi legendaris Java Preanger Coffee. Yang melatarbelakangi tingginya kualitas Java Preanger Coffee adalah kembali dibudidayakan pada ketinggian di atas 1000 mdpl dengan kondisi iklim yang sejak, misalnya di kawasan Gunung Malabar.

Soal khasiatnya, menurut Akhmad Fauzi, hasil kompilasi penelitian kopi oleh Aaron Carol dari Fakultas Kedokteran Indiana University Amerika sebagaimana di tulis di surat kabar terkemuka Amerika Serikat New York Times. Hasil 36 studi melibatkan 1.270.000 sampel menunjukkan, kopi menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler, menurunkan risiko kanker hati sampai 40%, menurunkan risiko hepatitis C, Parkinson, Alzheimer dan diabeters tipe2. Hasil tersebut diperkuat rilis WHO pada 15 Juni 2016, yang menyebutkan konsumsi kopi secara regular mengurangi 15 persen risiko kanker, dll. Rangkuman studi dirangkum oleh Renee Jaques di Koran Huffington Post Amerika Serikat menunjukkan, hanya mencium aroma kopi saja dapat mengurangi stress, seperti dilansir hasil studi dokter Ronald Postuma pada tahun 2012, dll.

Dari aspek konsumsi dan manfaat pun, gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyebutkan, minum kopi yang baik dan tanpa gula, selain sebagai minuman penyegar juga bergungsi untuk menunjang kesehatan. “Kopi juga bermanfaat sebagai bahan kosmetik yang menghaluskan kulit dan juga menghaluskan perasaan, “ ujar Ahmad Heryawan dalam suatu kesempatan.  

**

Namun, Akhmad Fauzi tetap menekankan peningkatan kualitas tanaman kopi di daerah ini. Pentingnya menggunakan benih unggul berpotensi produksi tinggi, serta menghindari terjadinya kembali serangan penyakit karat daun.

Disebutkan, tahun 1880 terjadi serangan karat daun kopi yang disebabkan cendawasan Hemileia vastatrix. Upaya pencegahan meluasnya penyakit tersbut mengganti kopi Arabika dengan kopi Liberia tidak dapat bertahan lama, akhirnya dikembangkan kopi Robusta.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pun mengatakan kepeduliaannya dan konsen terhadap upaya pengembangan lebih lanjut untuk masa depan. Melalui Dinas Perkebuan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Heryawan bukan hanya berkeingin mengembalikan kejayaan Java Preanger Coffee, juga ingin menjadikan Jawa Barat menjadi “Provinsi Benih”. Salah satu penerapannya adalah telah dan akan disediakan benih kopi sebanyak 15 juta benih tahun 2014-2018.

Upaya peningkatan produksi melalui pembinaan kelompok tani pun menjadi andalan utama. Begitu pula penggunaan benih unggul bersertifikat, penerapan aspek teknologi budidaya yang baik dan benar (good agriculture practice) pengembangan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu, pengembangan Desa Organik, dan lainnya. Sejumlah bantuan pun telah diberikan oleh Gubernur Jawa Barat kepada kelompok tani kopi berupa pembangunan Unit Pengelolaan Hasil Kopi dalam rangka meningkatkan kualitas produk dan nilai tambah bagi petani dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan petani pekebun kopi, agar kehidupan lebih layak dan sejahtera.

Perluasan pasar domestik pun digencarkan, misalnya kerja sama dengan hotel yang menyediakan welcome drink kopi berupaya minuman dan souvenir menarik. Begitu pula kerja sama sejumlah maskapai penerbangan dalam dan luar negeri terkait penyajiaan minuman Java Preanger Coffee di penerbangan jarak jauh, kereta api, kapal laut, dll.

Pemprov jawa Barat melalui Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, bertepatan peringatan Hari Kopi Internasional 1 Oktober 2016 lalu, berencana membuat road map pengembangan Java Preanger Coffee sebagai salah satu ikon Jawa Barat. Dalam konteks yang kini terjadi pun, mencontoh musibah banjir di Garut, keberadaan populasi tanaman kopi pun menyadarkan atas pentingnya kontinuitas komoditas tersebut untuk menjaga keseimbangan alam.

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat, Senin 3 Oktober 2016 Kolom Bisnis Halaman 18.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id