BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Antisipasi Penyakit Karat Daun Kopi Ditingkatkan

  Oct 11, 2016     Admin BPTP  

Bandung – Sosialisasi antisipasi penyakit karat daun pada tanaman kopi arabika yang dinilai beresiko tinggi pada musim hujan di sepanjang tahun 2016 ini gencar dilakukan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Para petani kopi di sejumlah sentra produksi mengantisipasi dengan penggunaan bubur bordo sebagai salah satu cara ramah lingkungan.

Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Dede Wahyu, di Bandung, Senin (10/10/2016), mengatakan, pada musim curah hujan yang tinggi seperti sepanjang tahun 2016 ini, serangan penyakit karat daun sangat besar terjadi. Apalagi, pada wilayah-wilayah areal tanaman kopi arabika yang terdapat tanaman naungannya lebih rapat atau di atas rata-rata.

Disebutkan, penyakit karat daun memang selalu menjadi perhatian utama bagi tanaman kopi arabika. Soalnya, serangan penyakit karat daun dianggap penting karena di beberapa daerah penyakit ini dapat menurunkan produktivitasnya tanaman hingga 20%, belum pula curah hujan yang tinggi biasanya banyak merontokkan bunga tanaman kopi sehingga produksinya bisa menurun tajam saat panen 2017 mendatang.

“Oleh karena itu, musim hujan yang panjang selama tahun 2016 ini menjadi perhatian ekstrak untuk meminimlakna terajdinya serangan karat daun. Komunikasi di antara petugas penyuluh dan kelompok pekebun kopi diitingkatkan, dan diharapkan menjadi lebih optimal dengan keberadaaan laboratorium lapangan,”ujar Dede Wahyu.

Sebagai salah satu antisipasi, ia mengimbau para petani pekebun kopi memangkas sebagai dahan atau menjarangkan sebagian pohon pelindung pada kawasan usahanya. Dengan cara tersebut, cahaya matahari menjadi lebih muncul sehingga mengurangi risiko terjadi serangan karat daun.

Infomasi dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, penyakit karat daun bukan hanya menyerang tanaman yang sudah dewasa, tetapi juga dapat dialami tanaman masih dalam tahap pembibitan. Jika dikaitkan dengan areal atau populasi penanaman kopi arabika, biasanya penyakit karat daun terjadi pada kawasan yang memiliki ketinggian paling rendah.

Soal bubur bordo, kata Dede Wahyu, dikenal sebagai cara ampuh untuk mengendalikan atau mengatasi serangan penyakit karat daun pada tanaman kopi. Pembuatan bubur bordo sejak lama sudah disosialisasikan BPTP Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, apalagi dengan keberadaan sejumlah laboratorium lapangan yang dilengkapi dengan Brigade Proteksi Tanaman menjadi salah satu ujung tombak. Tujuannya untuk menyosialisasikan atau menyebarkan teknik-teknik penanganan penyakit dan hama tanaman, terutama secara ramah lingkungan.

Salah seorang pekebun kopi dari Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Wawan mengatakan, teknik pemangkasan pohon pelindung akan lebih mudah dilakukan pada kawasan kebun kopi lahan milik pribadi. Lain halnya pada areal tanaman kopi yang diusahakan masyarakat desa hutan melalui Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat pada kawasan kehutannan, tentu harus dibicarakan teknisnya dengan pihak berwenang yaitu Perum Perhutani mengingat wilayahnya adalah kawasan hutan lindung.

 

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat, Edisi Selasa, 11 Oktober 2016 Kolom Bisnis Halaman 18.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id