BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kopi Arabica Java Preanger Harus Tonjolkan Identitas !

  Oct 18, 2016     Admin BPTP  

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Arief Santosa mengatakan sebagai kelanjutan untuk mengoptimalkan sosok kopi arabica Priangan, sedang disusun sistem identitas untuk keperluan perdagangan. Yang dimaksud adalah pengelompokan dan pencatuman data identitas masing-masing kopi arabika Priangan, meliputi asal lokasi, ketinggian tempat, dll, untuk kemudian dicantumkan pada setiap kemasan kop arabica Priangan.

Penonjolan identitas tersebut sangat penting, karena diinginkan pasar terutama untuk menonjolkan ikon dan keaslian masing-masing produk kopi Priangan kepada para konsumen. Apalagi, asal usul kopi merupakan syarat sekaligus selera diantara para konsumen kopi dunia”, ujar Arief.

Disebutkan, identitas ini akan menjadi pengenal yang dicantumkan pada kemasan kopi asal kawasan Gunung Malabar, Gunung Puntang, Gunung Wayang, kawasan Ciwidey dan Pasirjambu, Gunung Cikuray, dll. Pada akhirnya, masing-masing cita rasa khas dan kualitasnya, serta karakternya akan semakin dikenali oleh para penikmat kopi yang dengan mudah pula dirasakan dan dikenal peminnum kopi pun.

Ia menilai, maraknya bisnis kedai atau kaef kopi di Kota Bandung dan sejumlah kota lainnya di Jawa Barat, sebagai kegairahan bisnis dari kopi. Banyak kalangan muda memenuhi sejumlah kafe atau kedai kopi, yang sudah mulai bergeser menjadi pra penikmat dari semula peminum.

Menurut Arief, harus dilakukan promosi lebih gencar untuk kopi arabika Priangan, agar mampu menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Soalnya masih ada kebiasaan, sebagian pebisnis kafe atau warung kopi lebih mempromosikan produk-produk impor atau dari luar daerah dibandingkan produk lokal Jawa Barat sendiri.

Padahal dari sejumlah uji tes dan rasa secara mata tertutuo oleh sejumlah penikmat kopi, ternyata kopi arabika Priangan secara objektif terbukti unggul dan sangat disukai. Terbukti pula, kopi arabika Priangan sudah menjadi juara di pasar Amerika, dan kelasnya terus meniingkat di Taiwan, Korea, Eropa dll”

Sarasehan di Banjaran itu dihadiri pula sejumlah pihak perbankan, kelompok petani kopi, baik dari Bandung, Garut, Cianjur dll. Juga dilakukan kunjungan melihat diversifikasi usaha berbahan kopi (Yulistyne Kasumaningrum, Kodar Solihat).

Sumber : HU Pikiran Rakyat Edisi Rabu 18 Oktober 2016 Halaman 18.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id