BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kopi Harus Bernilai Tambah

  Oct 18, 2016     Admin BPTP  

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, erus berupaya menggali dan memaksimalkan potensi kopi di Jabar. Tidak hanya dari sisi memberikan bantuan benih bersertifikat yang ditingkatkan menjadi 5 juta pada tahun 2017, juga mendorong berbagai upaya penguatan dan pengembangan para petani.

Ahmad Heryawan, di Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, Senin (17/10/2016) mengatakan, pengoptimalan potensi kopi tersebut bukan semata orientasi ekspor, melainkan bagaimana komoditas kopi yang dihasilkan tidak diekspor dalam bentuk mentah atau green bean.

Namun katanya, sudah diproses terlebih dahulu di tanah air sehingga lebih banyak nilai tambah yang diperoleh. Misalnya, seperti penyerapan tenaga kerja yang lebih baik dengan adanya proses pengolahan lebih lanjut.

“Bukan semata berapa yang laku dijual, tapi action kita untuk menyejahterakan petani,” katanya.

Bagi Heryawan, kopi saat ini memiliki nilai jual tinggi. Namun, nilai jualnya lebih meningkat apabila kopi sebagai sebuah paradigma budaya dan kehidupan, bukan nilai ekonomi semata.

“Kopi bukan hanya sebagai pangan, tapi juga sebagai budaya sehingga kita bisa menikmatinya dengan baik karena produk pangan, tapi juga sebagai budaya sehingga kita bisa menikmatinya dengan baik karena produk pangan dari petani adalah produk dengan harga kehidupan bukan dengan harga ekonomi. Mari kita hargai kopi sebagai kultur jadi bisa dihargai dengan memadai,” ucapnya dalam Sarasehan Bisnis Kopi Jawa Barat “Urang Gunung“ di Kecamatan Banjaran.

Ia juga berharap, perkebunan kopi di Jawa Barat menjadi lebih banyak wisatawan yang mengunjungi ke daerah ini untuk merasakan nikmatnya kopi setempat. “Cita-cita besar kami adalah bukan bagaimana kita sebanyaknya ekspor, tetapi bagaimana seluruh kegiatan perkopian ada di Indonesia dan orang datang ke Indonesia untuk ngopi”. Katanya.

Ahmad Heryawan juga mengatakan, sangat penting memperhatikan perbaikan hasil usaha para petani pekebun kopi. Mereka yang bersusah payah menghasilkan panen dan terus berupaya menghasilkan kopi yang makin memenuhi selera konsumen (Yulistyne Kasumaningrum, Kodar Solihat).

Sumber : HU Pikiran Rakyat Edisi Rabu 18 Oktober 2016 Halaman 18.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id