BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kadisbun Jabar Memberikan Edukasi Cara Menyeduh Kopi yang Baik dan Benar

  Oct 24, 2016     Admin BPTP  

Oleh : M. Sopian Ansori

Bandung – (24/10/2016) Disela – sela Workshop Indikasi Georafis yang diselenggarakan Biro Kerjasama Luar Negeri Kementrian Pertanian Republik Indonesia yang bertempat di Hotel Jayakarta Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Bapak Arief Santosa, SE. M.Sc. memberikan edukasi cara menyeduh kopi yg baik dan benar. Dalam kesempatan tersebut beliau menjelaskan bahwa kopi dalam bentuk bubuk hanya dapat bertahan paling lama 2 minggu saja, setelah itu maka kopi akan bau tengik. Cara roasting juga berpengaruh terhadap taste hasil seduhan kopi. Aftercrack yang pertama pada saat roasting maka kopi selesai di roasting. Pada kesempatan yang sama Bapak Arief Santosa SE. M.Sc. juga memberi tips cara penyeduhan kopi tubruk dan metode Pour Over v60.

a. Tips penyeduhan kopi tubruk

  • Kuantitas kopi dan suhu air

Untuk 15 gram kopi bubuk, diperlukan 150 gram air mendidih dengan suhu 950C.

  • Tuangkan air

 Setelah kopi dimasukan kedalam gelas, tuangkan air kedalam gelas secara perlahan dengan cara memutar serah jarum jam sebanyak 150 gram, diamkan selama 3 menit agar kopi benar – benar terektraksi, kopi siap di sajikan.

b. Tips penyeduhan kopi dengan metode Pour Over V60

  • Kuantitas kopi dan suhu air

Untuk 15 gram kopi bubuk, diperlukan 150 gram air mendidih dengan suhu 950C. Siapkan stopwatch agar waktu penyeduhan tepat. Dengan peralatan V60 dan metode  ini total akan mendapatkan 1,40 persen TDS (total dissolve solid) dan 20,8 persen extraction.

  • Tuangkan air pertama

Setelah kopi dimasukkan dalam coffee filter, masukkan 30 gram air panas, penuangan air memutar sesuai arah jarum jam untuk blooming. Lalu diamkan selama 30 detik.

  •  Kembali tuangkan air

Setelah 30 detik, tuangkan air 120 gram air panas dengan arah memutar spiral ke bagian dalam hingga kopi benar – benar terektraksi. Tunggu hingga semua air hilang dari paper. Kopi siap disajikan.

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id