BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kegiatan Workshop Indikasi Geografis

  Oct 24, 2016     Admin BPTP  

Bandung Senin 24/10/2016

Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat Bapak Arief Santosa, SE., M.Sc. mengikuti pertemuan Workshop Indikasi Geografis bertempat di Ruang Dayang Sumbi Hotel Jayakarta Bandung yang diselenggarakan oleh Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pertanian. Kegiatan pertemuan membahas pentingnya Indikasi Geografis pada setiap produk pertanian unggulan di Indonesia.

Saat ini, Indonesia merupakan negara yang kaya akan produk potensi indikasi geografisnya. Khususnya di wilayah Provinsi Jawa Barat, seperti Ubi Cilembu (Kab. Sumedang), Kopi Arabica Java Preanger, Teh Java Preanger, Tembakau Mole (Kab. Sumedang), tembakau hitam (Kab. Sumedang) dan Beras (Kab. Cianjur).

Sebuah produk dapat dikatakan mempunyai speciality / kekhasan apabila telah mencapai skor tertentu. Seperti halnya prodak perkebunan unggulan Jawa Barat yakni Kopi Arabika Java Preanger. Hal ini menandakan bahwa cita rasa khas dari kopi tersebut tidak dapat diperoleh apabila ditanam di daerah lain.

Karakteristik khas pada produk itu muncul karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut sehingga memberikan ciri khas dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan.

Indikasi geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang, yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, memberikan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan.

Produk Indikasi geografis mendapat perlindungan setelah terdaftar atas dasar permohonan yang diajukan secara kolektif oleh lembaga masyarakat yang terdiri dari pihak petani, produsen barang, pembuat barang, pedagang.

Indonesia memiliki potensi produk indikasi geografis yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, masih banyak masyarakat di daerah masih belum mengetahui apa manfaat serta bagaimana proses pendaftaran indikasi geografis.

Diharapkan dengan adanya pendaftaran produk indikasi geografis, disamping memberikan perlindungan hukum terhadap suatu produk juga memberikan nilai tambah dan keuntungan kepada para stake holders yang terlibat seperti petani dan eksportir.

Penulis : MS. Ansori

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id