BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2016

  Oct 28, 2016     Admin BPTP  

BANDUNG – Rabu 26 Oktober 2016 Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan membuka acara pameran dan workshop “Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2016”. Acara yang diselenggarakan selama dua hari, 26 – 27 Oktober 2016 dihadiri oleh 67 Kepala Organisasi Perangkat Daerah dari seluruh Indonesia. Dalam pameran tersebut, setiap OPD dari seluruh Indonesia menampilkan inovasi layanan pengaduan publik.

Narasumber yang turut mengisi acara workshop tersebut berasal dari berbagai instansi, seperti Sekretaris Deputi Pelayanan Kemenpan, Staff Ombudsman Republik Indonesia, Staff Kepresidenan RI, dan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dalam acara tersebut, Ibu Emilda Staff Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyampaikan tentang pengelolaan layanan pengaduan, perlu dilakukan guna memperbaiki pelayanan publik dan untik peningkatan kepercayaan masyarakat. Menurutnya dalam sistem pengaduan pelayanan publik terdapat kendala utama diantaranya rendahnya kepatuhan standar pelayanan dan mengakibatkan ekonomi biaya tinggi serta akan menghambat pertumbuhan ekonomi.

Melihat kendala tersebut perlunya inovasi pengaduan layanan publik, dalam hal ini Bapak Gibran staff Kepresidenan RI memperkenalkan inovasi “Lapor! SP4N”. Aplikasi yang berbasis mobile internet atau dapat dengan mudah diakses diseluruh pengguna android dan ios. “Sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional dengan menintegrasikan seluruh layanan pengaduan masyarakt hingga dapat dikelola dengan baik, sehingga kedepannya masyarakat akan dengan mudah melakukan pengaduan tanpa takut tidak ditanggapi” Kata Gibran.

Hal yang membedakan penggunaan aplikasi pengaduan LAPOR! adalah terjamin kerahasiaan pelapor dan terlapor. Gibran menambahkan bahwa untuk melihat pengaduan sudah ditanggapi atau belum, dalam aplikasi tersebut terdapat indikator tindak lanjut pengaduan, apabila berwarna merah : belum mendapat tanggapan, kuning : sedang dalam proses dan hijau : pengaduan telah selesai.

“Harapannya masyarakat dapat terbantu dengan adanya aplikasi LAPOR! yang dapat langsung diakses di handphone, namun kami juga menyediakan layanan lain seperti website www.lapor.go.id, SMS 1708, twitter, sehingga dapat memudahkan masyarakat karena layanan ini gratis alias tanpa biaya” pungkasnya.

 

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id