BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

West Java Coffee Festival 2016

  Oct 28, 2016     Admin BPTP  

oleh Tim Kreatif BPTP

BANDUNG - Jumat (28/10/2016) Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka secara resmi acara West Java Coffee Festival 2016 yang diselenggarakan di Trans Studio Mall. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat beserta jajarannya, Direktur Bank Jabar - Banten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Lainnya.  Aher juga mengundang para pelaku usaha kopi di Jawa Barat. Guna menghidupkan kembali budaya minum kopi khususnya bagi masyarakat Jawa Barat.

Dalam sambutannya Aher mengupas jauh tentang kopi priangan atau Java Preanger, bahwasannya meminum kopi merupakan sebuah kebudayaan. Kopi Jabar beberapa bulan lalu mendominasi lelang kopi speciality dunia di Amerika Serikat, khususnya kopi yang berasal dari Gunung Puntang. Demikian pula dengan teh Tatar Pasundan, yang sudah sohor sejak lama. Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Bapak Arief Santosa ikut mengapresiasi acara West Java Coffee Festival 2016.

"Inilah kopi terbaik di pulau Jawa, Java Preanger, sampai sekarang terbaik di dunia. Kopi Gayo terbaik, kopi Toraja terbaik, kopi lampung terbaik, tapi mohon maaf yang terbaik tetap kopi Jawa, itu berdasarkan fakta. Di festival kopi internasional April 2016 di Atlanta (AS), dari 20 kopi se-dunia, enam terbaik itu dari Jawa Barat," papar Aher.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kopi asal Jawa Barat ini menjadi pemenang di Ajang Standar Specialty Coffee Association of America (SCAA) 2016 di Atlanta Amerika Serikat merupakan petani binaan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Dalam ajang tersebut 6 kopi asal Jawa Barat masuk 10 besar kopi terbaik asal Indonesia yang di lombakan di Atlanta Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Keenam kopi Jawa Barat tersebut diantaranya adalah No. 1. Gunung Puntang (Ayi); No.2. Mekar Wangi (Wildan); No.4. Malabar Honey (Slamet P); No.9. Java Cibeber (Asep); No.11. West Java Pasundan Honey (Dedi Gunung Tilu); No.17. Andungsari (Wildan).

Dalam acara tersebut, Aher mengajak masyarakat untuk jangan asal-asalan mengonsumsi kopi. “Kopi memiliki banyak bisa mencegah alzheimer, kanker, serangan jantung, menghaluskan kulit, dan sejumlah khasiat lainnya” katanya. Aher juga menambahkan slogan tentang cara meminum kopi “Yang benar bukan digunting, tapi digiling" tambahnya

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id