BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Hebat, Kopi Robusta Cisarua Bogor Raih Juara Nasional

  Nov 02, 2016     Admin BPTP  

BOGOR - Kopi jenis robusta dari Cibulao, Cisarua Kabupaten Bogor menjadi juara pertama dalam Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke 8, di Takengon, Tanah Gayo, Daerah Istimewa Aceh.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Bogor Nurianty mengaku tak menyangka akan meraih juara di tingkat nasional. "Kami baru pertama kali mengikuti Kontes Kopi Spesialti Indonesia, namun sudah meraih juara pertama untuk jenis robusta," Rabu (26/10/2016).

Menurutnya, kontes kopi yang diadakan oleh para eksportir ini sangat bergengsi, apalagi 4 juri dari 12 orang juri merupakan ahli kopi dari Amerika, Jepang, Thailand dan Jerman.

"Kopi robusta Cibulao, Cisarua mendapatkan nilai tertinggi gradenya yaitu 84,53. Nilai itu terbilang tinggi karena juri asing terkenal pelit dalam memberikan nilai," tambahnya.

Raihan juara ini menjadi motivasi bagi pihaknya untuk terus melakukan pembinaan kepada para petani kopi yang tersebar di Cisarua, Megamendung, Caringin, Sukamakmur, Tanjungsari, Cariu, Jonggol, Cibungbulang, Leuwiliang dan daerah penghasil kopi lainnya.

"Kita dalam memetik biji kopi ditemani oleh jajaran Riset Perkebunan Nasional (RPN). Mulai dari memetik, menjemur biji kopi hingga proses pengolahan chiragi kita dibantu pihak RPN Jawa Barat dan juga IPB, agar kualitasnya maksimal," papar Nurianty.

Selain mendapatkan trophy dan uang tunai, para petani kopi robusta desa Cibulao, Cisarua juga mendapatkan keuntungan ekonomi lainnya.

"60 kilogram kopi robusta asal Desa Cibulao, Cisarua sudah diorder untuk ekspor ke negeri bunga sakura, Jepang. Saat ini para petani masih negoisasi harga dengan importir dari Jepang," pungkasnya.

Penulis : Reza Zurifwan

Photo : inilah koran

Sumber : http://www.inilahkoran.com/berita/bogor/63070/hebat-kopi-robusta-cisarua-bogor-raih-juara-nasional akses tanggal 2 November 2016

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id