BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Sosialisasi dalam rangka persiapan pengendalian OPT pada tanaman kopi di Kabupaten Garut

  Jan 21, 2016     Admin BPTP  

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Jawa Barat. Sebanyak 112.132 petani yang mengandalkan tanaman kopi sebagai sumber mata pencaharian. Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat konsen dalam peningkatan produksi dan kualitas kopi, diantaranya melalui pengendalian OPT pada tanaman kopi.

Kegiatan sosialisasi persiapan pengendalian OPT dilaksanakan selama 1 (satu) hari di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut pada tanggal 15 Juni 2015. Kelompok Tani yang ditemui adalah kelompok tani Motekar dan kelompok tani Karya Mandiri. Kelompok tani Motekar berjumlah 125 orang petani dengan ketua Hendra Suhendar dan kelompok tani Karya Mandiri berjumlah 100 orang petani dengan ketua Uloh Saepullah Sekertaris.

Usaha tani perkebunan yang dikelola oleh masing – masing kelompok tani, pada umumnya berusaha kopi dengan pola PHBM dan lahan milik, luas areal kopi yang di kelola masing – masing kelompok tani >250 Ha. Produk kopi yang dihasilkan, selain dijual dalam bentuk kopi berasan juga dalam bentuk kopi siap saji.

Luas areal yang tanaman kopi yang terserang hama penggerek buah dan akan dikendalikan seluas ±225Ha. Usia tanaman kopi >4 tahun, populasi tanaman kopi berkisar antara 1.600 – 2000 per Ha. Jenis tanaman kopi pada umumnya jenis kopi Arabica sedangkan varietas nya Lini S 795, Andungsari, Sigarar utang, dan lain – lain.

Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kualitas yang bebas residu pestisida, maka perlu dilaksakan kegiatan pengendalian hama penggerek buah kopi dengan menggunakan antraktan. Pengendalian dengan cara pemasangan alat perangkap yang menggunakan antraktan adalah salah satu komponen utama dalam siste PTH disamping cara bercocok tanam dan penggunaan varietas unggul, sedangkan penggunaan pestisida yang berlebih dapat menimbulkan ketahanan hama (resistensi).

Terkait dengan hal tersebut Balai Proteksi Tanaman Perkebunan melalui Program Peningkatan Produksi dan Produktivitas Perkebunan Berkelanjutan khususnya dukungan perlindungan tanaman perkebunan akan melaksanakan kegiatan pengendalian hama penggerek buah kopi melalui pemasangan alat perangkap dengan menggunakan atraktan.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id