BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Penerapan Metode PHT di Kabupaten Subang

  Nov 24, 2016     Admin BPTP  

Penurunan produktivitas kopi dari tahun ke tahun salah satunya disebabkan oleh adanya serangan hama penggerek buah kopi (PBKo/Hypothenemus hampeii).  PBko merupakan hama utama pada tanaman kopi, akibat serangan PBKo, biji kopi tidak dapat berkembang, mengeras sehingga menurunkan kualitas dan kuantitas mutu kopi yang dihasilkan. Oleh karena itu, diperlukan teknik pengendalian ramah lingkungan dengan penerapan metode Pengendalian Hama Terpadu (PHT).

Balai Proteksi Tanaman Perkebunan, Selasa (22/11/16) telah melaksanakan kegiatan penerapan Pengendalian Hama Terpadu. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada petani kopi dalam penerapan Pengendalian Hama Terpadu di Kabupaten Subang. Adapun prinsip PHT yang telah diterapkan oleh para petani kopi di Kabupaten Subang diantaranya Budidaya Tanaman Sehat; Pelestarian dan Pemanfaatan Musuh Alami; Pengamatan Rutin dan Petani menjadi Ahli PHT.

Fungsional POPT  juga memberikan pengarahan terkait penggunaan pestisida nabati ekstrak biji picung.  Petani kopi di Kabupaten Subang mulai beralih menggunakan pestisida nabati ekstrak biji picung. Mereka mulai beralih menggunakan pestisida nabati ekstrak biji picung, disebabkan karena melimpahnya tanaman picung disekitar kebun kopi tersebut. “Setelah melakukan penyemprotan menggunakan ekstrak biji picung, tanaman kopi yang awalnya banyak terserang hama penggerek buah kini menjadi berkurang serangannya, ulat kantung pun yang awalnya banyak setelah dilakukan penyemprotan berangsur berkurang.” Tutur Ketua Kelompok Tani Tunas Harapan.

“Keefektifan ekstrak biji picung disebabkan karena biji picung mengandung Asam Sianida, zat flavonoid dan saponin yang sangat efektif membunuh serangga yang digunakan sebagai bahan utama insektisida, selain itu Flavonoid dapat mempengaruhi sistem pernafasan serangga sedangkan saponin mempengaruhi sistem pencernaan.” ujar seorang Fungsional POPT. Dalam kegiatan ini petani juga diberikan pengetahuan tentang tata cara pemangkasan yang benar sehingga kedepannya pertumbuhan tanaman kopi lebih produktif.

Penulis : Reza Dwi N

Editor  : MS Ansori

Foto by : Reza Dwi N

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id