BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Teh dan Kopi Potensi Unggulan di Bandung

  Nov 29, 2016     Admin BPTP  

BANDUNG – Komoditas teh dan kopi potensial menjadi unggulan lelang komoditas agro Jawa Barat pada tahun 2017, karena pasar kedua produk tersebut diketahui sangat menjanjikan. Koperasi Pasar Lelang Jawa Barat menyatakan sudah memiliki persiapan lebih baik untuk melakukan lelang teh dan kopi yang diharapkan menjadi unggulan baru lelang komoditas agro di Jawa Barat.

Manajer Koperasi Pasar Lelang Jawa Barat (KPLJB) Yoke Dj Sidik, di Bandung, Senin (28/11/2016), menyebutkan, walau secara umum harga teh dunia sedang turun, pangsa pasar teh jenis off-grade umumnya selalu laku di pasar domestik. Sementara kopi, khususnya arabika asal Jawa Barat diketahui memiliki pangsa pasar kuat di pasar dunia, dicoba diperlebar pasarnya melalui lelang di Bandung.

Mengacu lelang tahun 2016 lalu, katanya, setiap kali lelang teh rata-rata dapat menjual 50-70 ton teh hitam dan teh hijau off-grade, tak sama jenisnya dengan yang di lelang Kantor Kharisma Pemasaran Bersama Perkebunan Nusantara untuk kualitas ekspor. Pembeli lelang teh di Bandung adalah para produsen pengolahan minuman jadi skala domestik, sedangkan teh yang dilelang tersebut dipasok dari PT Perkebunan Nusantara VIII.

Sementara untuk kopi, menurut Yoke, sedang dirancang saling mempertemukan antara penjual dan pembeli. Namun praktik lelangnya akan dipisahkan, antara kopi arabika Priangan produk specialty dengan produk umum, dengan waktunya disesuaikan dengan masa panen kopi antara April, Mei, Agustus, sampai September.

Disebutkan, dari dua kali pelaksanaan lelang kopi di Bandung, Koperasi Pasar Lelang Jawa Barat sudah mampu mendatangkan pembeli, dan berikutnya lebih baik karena sekaligus dilakukan cupping test. Khusus untuk kopi, Koperasi Pasar Lelang Jawa Barat sedang mencari sosok ketua komoditas, yang dinilai sudah sangat dikenal dan memiliki  reputasi terpercaya antara para pebisnis kopi arabika Jawa Barat.

Yoke juga mengatakan, sejak dua tahun berturut-turut dipercayanya KPLJB, total sudah menghasilkan nilai transaksi sekitara Rp. 11,5 miliar secara riil, dan dapat dilakukan seluruhnya dengan modal mandiri. Pada tahun 2016, dilakukan 13 kali lelang dengan nilai total Rp. 6,5 miliar, sedangkan tahun 2015 diperoleh Rp. 5 miliar dari lima kali lelang, dengan unggulan lelang adalah komoditas teh.

Untuk tahun 2017, menurut Yoke, selain memperkuat lelang teh dan kopi, ditingkatkan pula lelang komoditas hortikultura dan ditambah beras. Ditargetkan, untuk tahun 2017 dapat dilakukan lelang total sekitar 12-15 kali pada tahun depan.

Gambaran pasar

Sementara itu, Wakil Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia Jawa Barat, Iyus Supriatna, menyebutkan, segmen pasar yang terus berkembang dan diarahkan untuk pasokan kopi arabika asal Jawa Barat, adalah dari produk specialty. Karena itu, pada musim panen kopi arabika Priangan tahun 2017 yang diprediksi mulai diperoleh April, semakin banyak kelompok petani kopi diarahkan kepada produk specialty. Apalagi, pangsa pasar kopi arabika produk specialty memang menjadi unggulan persaingan pasar internasional, yang kini diarahkan pula agar dikenal oleh pasar domestik.

Disebutkan, peranan eksportir untuk produk kopi specialty arabika Priangan pun sudah bermunculan sejak sekarang. Apalagi ada fenomena sejak tahun terakhir, semakin banyak pebisnis berani membayar uang di muka, agar memperoleh kepastian pasokan arabika Priangan.

“Tampaknya, upaya lebih memperkanalkan produk kopi arabika Priangan ke pasar domestik, bisa melesat pada tahun 2017. Tanda-tandanya sudah muncul sejak sekarang, di mana minat konsumen generasi mudah terhadap kopi arabika Priangan mulai bermunculan, yang penting produk ada dijual pada sejumlah kafe,”ujar Iyus.

Sumber Harian Umum Pikiran Rakyat, Edisi Selasa, 29 November 2016 Kolom Bisnis Halaman 18.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id