BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Sosialisasi Sistem Kendali Internal Kegiatan Desa Organik Mandiri Di Kabupaten Garut

  Dec 01, 2016     Admin BPTP  

Perhatian masyarakat dunia terhadap persoalan pertanian dan lingkungan dalam dasawarsa terakhir ini semakin meningkat. Kepedulian tersebut dilanjutkan dengan usaha-usaha yang konkrit untuk menghasilkan pangan tanpa menyebabkan terjadinya kerusakan sumber daya tanah, air, dan udara serta aman bagi kesehatan manusia. Pertanian Organik dengan produksi yang holistik untuk meningkatkan dan mengembangkan kesehatan agroekosistem, termasuk keragaman hayati, siklus biologi, dan aktivitas biologi tanah.

Pertanian organik menekankan penerapan praktek-praktek manajemen yang lebih mengutamakan penggunaan input dari limbah kegiatan budidaya di lahan, dengan mempertimbangkan daya adaptasi terhadap keadaan/kondisi setempat. Keorganikan suatu produk organik ditentukan bukan pada penampakan produk tersebut, tetapi bagaimana produk tersebut dihasilkan (organically produced). Penilaian kualitas keorganisan produk didasarkan pada proses budidayanya. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan pertanian organik adalah kontinuitas produksi dan mutu, serta kepercayaan konsumen akan keorganisan produk-produk pertanian. Untuk menjamin apakah produk tersebut benar-benar organik maka diperlukan adanya pengawasan terhadap proses budidaya produk organik tersebut.

Untuk membantu menjaga kontinuitas mutu, maka perlu dilakukan sistem pengawasan mutu yang mampu memberikan jaminan keorganikan produk. Berdasarkan hal tersebut Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Disbun Jabar (29/11/2016) melaksanakan Sosialisasi Sistem Kendali Internal (SKI) Pengembangan Desa Organik Berbasis Komoditas Perkebunan Kopi di Kabupaten Garut.

Dalam hal ini Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan, Bapak Dede Wahyu, SP.,MP langsung memberikan arahan terkait SKI. Beliau mengatakan standar tersebut mencakup proses produksi dari lahan  hingga ke meja makan. Mulai dari tanah dan kualitas air, pengendalian hama, praktek bercocok tanam atau beternak, dan aturan-aturan terkait pangan.

SKI merupakan sistem penjaminan mutu yang terdokumentasi, yang memperkenankan lembaga sertifikasi mendelegasikan inspeksi tahunan semua anggota kelompok secara individual kepada lembaga/unit dari operator yang akan atau telah disertifikasi.

Hasil akhir yang akan dicapai dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengembangan desa pertanian organik berbasis komoditas perkebunan, adalah sertifikat prima yang diberikan oleh Lembaga Organik, dengan diperolehnya sertifikat prima tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah bagi petani yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani ketingkat kehidupan yang lebih layak dan sejahtera,

 

Penulis : Yuda Muhammad Zaelani

Editor : M. Sopian Ansori

Fotografer : Yuda Muhammad Zaelani

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id