BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Gubernur Jawa Barat Kampanyekan Cara Meminum Kopi Yang Baik Dan Benar

  Dec 09, 2016     Admin BPTP  

Bandung – Jumat, 9 Desember 2016 bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat diselenggarakan acara Cupping dan Brewing kopi Jawa Barat yang diliput oleh salah satu stasiun Televisi Swasta di Indonesia. Kopi yang diikut sertakan dalam acara tersebut berasal dari 8 pegunungan di Jawa Barat terdiri dari Gunung Puntang, Gunung Malabar, Gunung Manglayang, Gunung Tilu, Gunung Papandayan, Gunung Tangkubanparahu, Gunung Cikuray, dan Gunung Halu,.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Barat Bapak Ahmad Heryawan menjelaskan keunggulan kopi Jawa Barat yang beberapa waktu lalu mengikuti festival kopi di Atlanta, ternyata dari 20 kopi terbaik di dunia 6 diantaranya berasal dari Jawa Barat, bahkan kopi nomor 1 berasal  dari Gunung Puntang,  maka dari itu kita tersadarkan ternyata Jawa Barat memiliki potensi kopi yang hebat, sudah di akui di Indonesia dan di dunia. Sudah saatnya kita harus melakukan kampanye kopi dengan cara mengonsumsi yang baik, yaitu meminum kopi tanpa gula atau istilahnya Kopi, Tidak Ada Gula Diantara Kita dan Asli, Kopi Itu Digiling Bukan Digunting”.

Kopi Jawa Barat lebih unggul dari kopi lainnya, ini merupakan anugrah dari Allah SWT dan unsur – unsur pembentuknya ada kaitan dengan ketinggian dimana kopi di tanam, pH tanah, cuaca, dan tata cara pengolahan, rasa kopi yang sudah alamiah enak tetapi cara pengolahannya kurang baik maka hasilnya akan kurang baik juga. Dari semua kopi dari Jawa Barat saya suka, namun kopi yang paling cocok dengan selera saya yaitu dengan kopi dengan Honey process.  

Menurut beberapa literatur, pada honey process setelah panen, kopi dikupas tanpa melibatkan air. Pengupasan ini akan menghasilkan biji kopi yang masih berlendir. Biji kopi berlendir ini kemudian dijemur. Diharapkan rasa manis yang ada di lendir akan meresap dalam biji kopi, sehingga kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang lebih variatif.

Literatur rujukan :

http://wikikopi.com/proses-pascapanen/ diakses pada tanggal 9 Desember 2016

 

Penulis : M. Sopian Ansori

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id