BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kerja Sama Jawa Barat dengan Provinsi Gyeongsangbuk-Do Diperpanjang

  Dec 28, 2016     Admin BPTP  

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menerima kunjungan delegasi Provinsi Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan di Menara Gedung Sate, Selasa (27/12/16).  Dalam hal ini kedua provinsi berkomitmen untuk meneruskan kerjasama di bidang olahraga, serta diharapkan dapat berlanjut kerjasama di bidang lainnya. Jabar - Gyeongsangbuk-Do telah melakukan kerjasama sejak tahun 2010. Kerjasama yang dibangun sejak enam tahun yang lalu ini diharapkan dapat mempererat hubungan kedua provinsi ini.

Seperti yang dikutip dalam Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi Rabu, 28 Desember 2016 bahwa kerjasama tersebut khususnya untuk mendukung kontingen Jawa Barat pada PON XVIII/ 2012 Riau dan PON XIX/2016 Jawa Barat, yaitu program kepelatihan pelatih dan pelatihan atlet Jawa Barat di Korea Selatan. Aher mengatakan bahwa dirinya merasa puas dan bangga pada perhelatan PON XIX yang dilaksanakan kemarin, karena Jawa Barat meraih Juara Umum PON XIX dengan total medali yang spektakuler, 217 medali emas dari 756 mendali emas yang diperebutkan.

Aher berharap ke depan, kedua provinsi pun menjajaki kerjasama untuk bidang lainnya, seperti pendidikan olahraga, bahkan bidang pertanian. Dalam pertemuan ini, Aher pun mengenalkan kopi Java Preanger khas Jawa Barat yang telah menjadi juara dunia pada ajang Kopi di Atlanta, Amerika Serikat. Seperti kita ketahui bersama, bahwa kopi asal Jawa Barat ini menjadi pemenang di Ajang Standar Specialty Coffee Association of America (SCAA) 2016 di Atlanta Amerika Serikat. Dalam ajang tersebut kopi asal Indonesia masuk ke dalam 20 besar, bahkan 6 diantaranya kopi Indonesia asal Jawa Barat menjadi juara yaitu juara 1, 2, 4, 9, 11 dan 17 .

Hal yang spesial adalah menyajikan kopi yang secara langsung dilaksanakan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Arief Santosa. Dalam acara ini delegasi Gyeongsangbuk-Do, ikut mencicipi kopi Java Preanger yang meraih juara 1 di Atlanta. Dan para delegasi menyatakan kopi Java Preanger memiliki cita rasa yang enak dan aroma yang baik.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akhirnya memperpanjang kerja sama di bidang peningkatan presentasi olah raga dengan Pemerintah Provinsi Gyeongsangbuk-Do, mengingat kerja sama ini mengacu pada keberhasilan Jabar yang mampu menorehkan sejarah menjadi juara umum pada PON XIX/2016 lalu.  

Wakil Ketua Komite Olahraga Provinsi Gyeongsangbuk-Do, Mr. Kim Hayeong, pun turut berbahagia dan memberikan ucapan selamat atas prestasi yang telah berhasil diraih Jawa Barat pada PON XIX/2016 Jabar. Kim juga berharap kerjasama Provinsi Gyeongsangbuk-Do - Jawa Barat bisa berlanjut ke bidang lainnya.

"Kita harapkan kerjasama dengan Jawa Barat tidak hanya di bidang olahraga saja, namun berlanjut ke kerjasama di bidang lainnya. Hal ini diharapkan akan menjadi masa depan yang lebih baik bagi Jawa Barat dan Gyeongsangbuk-Do," pungkas Kim.

 

 Penulis : Dwi & Tim Kreatif 

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id