BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kesehatan Tanaman Karet Rakyat Dioptimalkan

  Jan 18, 2017     Admin BPTP  

BANDUNG- Sosialisasi penanganan tanaman karet rakyat di Jawa Barat melalui cara-cara ramah lingkungan terus dilakukan. Langkah ini sebagai upaya dukungan agar menghasilkan produksi getah yang tinggi sekaligus kesehatan tanaman karet rakyat, apalagi untuk memanfaatkan membaiknya kembali harga karet alam belakangan ini.

Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dede Wahyu, di Bandung, Selasa (17/1/2017) mengatakan, langkah sosialisasi proteksi tanaman karet rakyat rutin dilakukan. Baru - baru ini juga dilakukan pembinaan kepada para pekebun karet rakyat di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Total ada sekitar 50 hektar tanaman karet rakyat yang dibina melalui sistem ramah lingkungan, misalnya sosialisasi kebutuhan penggunaan jamur Trichoderma.

Disebutkan, potensi kebun karet rakyat di Jawa Barat sekitar 15.000 hektare lebih, dan selama ini menjadi salah satu andalan perekonomian masyarakat dari subsektor perkebunan. Saat harga karet alam lesu sepanjang tahun 2015 sampai Agustus 2016, memang banyak mengurangi aktivitas dan volume penyadapan getahnya.

Namun, katanya, upaya sosialisasi pengendalian hama dan penyakit tanaman terus dilakukan. Tujuannya, agar kondisi berbagai tanaman karet rakyat tetap produktif dan kondisnya sehat.

Sejak harga karet kembali merambat naik Oktober 2016, katanya, harapan para pekebun karet rakyat di Jawa Barat muncul. Peluang ini dicoba dimanfaatkan dengan produktivitas tanaman yang bagus, agar pendapatan para pekebun karet rakyat meningkat lagi.

Pekebun antusias

Salah satu kunci agar kondis kesehatan tanaman karet tetap terjaga, katanya adalah antisipasi serangan jamur akar putih. Untuk mengefisiensikan perawatan tanaman menghambat serangan jamur akar putih, sosialisasi penggunaan jamur Trichoderma merupakan hal rutin dilakukan kepada sejumlah kelompok pekebun karet rakyat di Jawa Barat.

Disebutkan, kebun karet rakyat di Jawa Barat terdapat di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, Ciamis, Cianjur, Garut, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Sumedang. Salah satu lokasi yang menjadi perhatian adalah Desa Gunung Tanjung, Kecamatan Cisolok yang merupakan perbatasan Sukabumi dengan Banten, yang harus diperhatikan terkait peningkatan kemampuan usaha masyarakatnya dari kebun karet.

“Tampaknya masyarakat pekebun karet di Cisolok tersebut selalu antusisas mengikuti berbagai pelatihan rutin untuk meningkatkan produktivitas dan kesehatan tanaman-tanaman karet mereka. Ini merupakan salah satu upaya agar berbagai lahan milik masyarakat lokal, khususnya yang menjadi kebun karet rakyat tetap produktif dan selalu mendatangkan manfaat ekonomi untuk kehidupan keseharian warga setempat,” kata Dede Wahyu.

Ketua Asosisasi Petani Karet Indonesia wilayah Jawa Barat, Eka Suwarna, mengatakan harga karet dunia diprediksi masih tinggi sampai selepas Maret 2017. Walau sempat ada spekulasi dari pebisnis, namun pergerakan harga diperhitungkan masih tetap baik.  (Kodar Solihat)***

 

Sumber Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi Rabu, 18 Januari 2017 Kolom Bisnis Halaman 23.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id