BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

OJK Terus Tingkatkan Pembiayaan Petani Kopi

  Jan 24, 2017     Admin BPTP  

Bandung (PR). Kantor Regional 2 Jawa Barat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen terus meningkatkan pembiayaan di sektor pertanian, khususnya bagi petani kopi alias pekebun kopi rakyat. Selain potensinya yang besar, skema pembiayaan kopi di Jabar dinilai sebagai salah satu terobosan pembiayaan yang dianggap berhasil menggenjot pembiayaan di sektor tersebut.

Kepala Regional 2 Jabar Sarwono mengatakan, untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Jabar, pihaknya terus mendorong perkembangan UMKM. Termasuk, UMKM di sektor pertanian yang diawali dari komoditas kopi dan dimulai pada 2016.

“Tahun ini program pembiayaan bagi pekebun kopi rakyat terus dilanjutkan, misalnya di daerah Garut dan Pangalengan. Selain nanti akan dilakukan peningkatan jumlah pembiayaan, juga peningkatan kapasitas dari sisi sumber daya petaninya.” ujar Sarwono, di Bandung, belum lama ini.
Pembiayaan kopi merupakan salah satu program dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Jabar. Masuknya kopi sebagai salah satu program karena masih banyak petani pekebun, pengumpul, pengolah, dan pelaku usaha dari komoditas kopi Garut yang belum memiliki akses terhadap pembiayaan. Akibatnya, komoditas tersebut tidak berkembang dengan optimal. Padahal, dari sisi kualitas, komoditi kopi Jabar sudah memperoleh pengakuan di level dunia.

Usaha Produktif

“Seperti usaha produktif kopi di Garut dan Pangalengan, nanti kami akan coba tambah dari segi pembiayaan dan petaninya. Soalnya, kan kopi itu siklus, ada tanam, ada panen, terus berhenti dulu. Nah, itu yang jadi pertimbangannya,”ujar Sarwono.

Untuk mendorong pembiayaan kopi, ada empat bank yang didorong masuk ke sektor tersebut yakni Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BJB. Pada 2016 lalu, pembiayaan perbankan kepada petani kopi di Kabupaten Garut antara lain pembiayaan BNI kepada 2 petani kopi dan pengepul dengan total Rp 750 Juta.

Kemudian, Bank BRI Rp 92 juta untuk empat petani. Sementara itu, Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera menyerahkan 5 polis asuransi Mitra Asri kepada 5 keluarga petani kopi di desa Cisaruni, Kecamatan Cikandang, Kabupaten Garut.

Pembiayaan kopi di Jabar menerapkan program sustainable finance. Diartikan bahwa pembiayaan tersebut bukan hanya diukur dari produktifitasnya, tetapi atas kualitas produksi, keramahan lingkungan, serta proses bisnis yang integratif seperti yang dilakukan petani kopi asal Jawa Barat, bisa diterapkan di komoditas lain.

(Yulistyne Kasumaningrum)

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat edisi Senin 23 Januari 2017 hal. 18

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id