BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Para Petani Karet Jabar Kini Miliki Koperasi

  Jan 24, 2017     Admin BPTP  

BANDUNG, (PR).- Kalangan pekebun karet rakyat alias petani karet di Jawa Barat kini memiliki koperasi, sebagai wadah untuk memperbaiki dan memperkuat usahanya. Dalam rapat yang dilakukan di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (23/1/2017), Eka Suwarna terpilih sebagai Ketua Koperasi Karet Jawa Barat.

Dikatakan Eka Suwarna, walau harga karet alam kini “meroket” kembali, para petani karet belum memperoleh harga yang memuaskan. Soalnya, ada gap yang terlalu lebar, dimana kehadiran Koperasi Karet Jawa Barat selaku wadah para pekebun rakyat se-Jawa Barat, sebagai upaya memperkecil gap tersebut.

“Para petani karet di Jawa Barat merupakan salah satu potensi perekonomian masyarakat desa yang sebenarnya bisa menjadi kuat. Melalui wadah koperasi, diharapkan mampu mengarahkan dan memberikan perbaikan usaha karet rakyat menjadi lebih baik,” ujarnya.

Disebutkan pula, yang hadir pada pembentukan Koperasi Karet Jawa Barat itu berasal dari anggota Apkarindo Jawa Barat dan Apkarindo dari Kabupaten Bandung Barat, Sukabumi, Ciamis, Pangandaran, Subang, Garut, Banjar, dan Cianjur. Sedangkan dari Tasikmalaya berhalangan hadir karena ada rapat Koperasi Karet Mangunwattie, namun sudah memberikan kabar menyetujui hasil rapat di Padalarang itu.

Harga karet

Diakui, harga karet alam yang sejak September 2016 terus naik. Mengacu ke harga lelang yang dipusatkan di PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara Jakarta, per Senin (16/1/2017) lalu, harga jenis RRS-1 sudah mencapai 2,67 dolar AS/kg dan crumb rubber jenis SIR-20 sudah ke 2,24 dolar AS/kg. Pada Desember 2016 lalu harga karet sudah rata-rata ke 2 dolar AS/kg dari sebelumnya masih sekitar 1,3 dolar AS/kg sejak Oktober 2016.

Eka Suwarna yang sehari-harinya juga Ketua Asosiasi Petani Karet Indonesia (Apkarindo) wilayah Jawa Barat dan anggota Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) mengatakan, pada tahun 2017 sebenarnya Indonesia dapat kembali sebagai penghasil terbesar karet dunia. Walau Indonesa kini pada urutan ke-2 di bawah Thailand, secara umum produksi karet di Indonesia bisa ditingkatkan produksinya termasuk hasil peremajaan di Jawa Barat.

Dalam pergerakan produksi dan bisnis dunia, kata Eka Suwarna, posisi ketiga masih ditempati oleh Malaysia. Karena di Malaysia tak sedikit perkebunan karet yang terpaksa tak disadap akibat kekurangan tenaga kerja, ada indikasi Vietnam yang kini menempati posisi keempat berpotensi naik ke urutan ketiga. (Kodar Solihat)

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat edisi Selasa 24 Januari 2017 hal. 18

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id