BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

MANFAATKAN JAGUNG UNTUK BIOFUNGISIDA

  Feb 03, 2017     Admin BPTP  

BANDUNG, (PR).- Pemanfaatan biji jagung untuk bahan produksi jamur biofungisida Trichoderma pengendalian penyakit tanaman kopi dan karet kebun rakyat diprediksi akan meningkat pada tahun 2017. Faktor cuaca dalam kondisi yang cepat berubah pada awal tahun ini diantisipasi untuk pengendalian serangan penyakit ataupun perbaikan kesuburan lahan.

Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Dede Wahyu, di Bandung, Kamis (2/2/2017), mengatakan, pemanfaatan bahan-bahan alami tampak semakin meningkat diminati para pekebun rakyat di Jawa Barat, terutama kopi dan karet. Selain untuk perawatan tanaman secara ramah lingkungan dan lebih menarik kepercayaan konsumen, juga upaya efisiensi untuk sejumlah kondisi tertentu.

secara umum, katanya, penggunaan Trichoderma sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Produksi perakaran menjadi lebih sehat dan meningkatkan tingkat kedalaman akar, termasuk pada tanaman kopi dan karet.

Disebutkan, salah satu keuntungan lain penggunaan Trichoderma bagi tanaman kopi adalah mampu meningkatkan ketahanan akar terhadap kondisi kekeringan. Apalagi, faktor cuaca setelah musim kemarau panjang ini belum dapat diprediksi untuk pertengahan tahun sampai akhir tahun 2017, apakah tetap hujan panjang, normal, atau bisa pula terjadi kemarau panjang.

Begitu pula untuk tanaman karet, katanya, penggunaan Trichoderma juga sangat bermanfaat mengendalikan serangan jamur akar putih. Ketahanan kuat pohon karet akan menunjang pendapatan para pekebun karet rakyat untuk memanfaatkan harga karet lembaran dan crumb yang sedang kembali naik di pasaran dunia.

“Tampaknya semakin banyak pekebun kopi dan karet rakyat di Jawa Barat menyadari pentingnya penggunaan bahan-bahan alami bagi usaha tanaman mereka, termasuk menggunakan jamur Trichoderma. Pengenalan dan sosialisasi melalui Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu pada sejumlah kebun rakyat sudah dirasakan manfaatnya oleh para pekebun setempat,” ujar Dede Wahyu.

Soal produksinya, menurut dia, sebenarnya dipacu melalui peningkatan produksi starternya di BPTP Pasirjati, serta disebarkan oleh sejumlah laboratorium lapangan serta unit bergerak ke pelosok, misalnya di Garut. Bahan-bahan utama yang dipergunakan adalah jagung pemanfaatan hasil panen petani.

Bahkan, katanya, untuk areal tertentu, Kementrian Pertanian sudah memberikan pasokan benih jagung untuk menunjang usaha tanaman kopi, seperti di Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Selain usaha bernilai tambah menunggu panenan kopi, produksi jagung dapat dimanfaatkan untuk penggunaan biofungisida. (Kodar Solihat)

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat edisi Jumat 3 Februari 2017 hal. 18

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id