BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Produksi Perkebunan Rakyat Dioptimalkan

  Feb 17, 2017     Admin BPTP  

Bandung, (PR).- Langkah pengamatan dan antisipasi hama terhadap delapan komoditas strategis perkebunan rakyat Jawa Barat, lebih dini dilakukan menjelang masa-masa panen komoditas tersebut untuk tahun 2017. Tujuannya mengoptimalkan produksi perkebunan rakyat.

Kepala Balai Produksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Dede Wahyu, di Bandung, Kamis (16/2/2017) mengatakan, kedelapan komoditas strategis perkebunan di Jawa Barat itu adalah kopi, teh, karet, kelapa, kakao, cengkih, tebu, dan tembakau.

Pengamatan tanaman areal ke delapan komoditas strategis sudah dilakukan, BPTP sudah bergerak bersama sejumlah pekebun alumni sekolah lapangan pengendalian hama terpadu (SLPHT).

Begitu pula persiapan para petugas perlindungan tanaman perkebunan untuk ditempatkan pada 11 kabupaten, pembekalan secara teknisnya diperpanjang sampai akhir februari 2017. Sebenarnya serangan hama sudah jauh berkurang, dimana antisipasi dan pengendalian serangan hama didorong terus menggunakan agensi hayati dan pestisida nabati.

“Selain menciptakan produk-produk perkebunan ramah lingkungan, banyak manfaatnya memulihkan dan meningkatkan kesuburan lahan. Termasuk pula, citra keamanan pangan produk-produk perkebunan rakyat asal Jawa Barat,” ujar Dede Wahyu.

Misalnya, tanaman kopi diprediksi mulai musim panen April 2017. Pengamatan tanaman sudah dilakukan mengantisipasi hama penggerek buah.

Disebutkan, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat agresif mengantisipasi hama tanaman kopi untuk target areal 350 hektare pada tujuh kabupaten, yaitu di Kabupaten Bandung, Garut, Sumedang, Kabupaten Bandung Barat, Cianjur, Ciamis, dan Majalengka.

Sementara pada tanaman karet disebutkan, setelah antisipasi dan pengendalian serangan jamur akar putih lebih baik, muncul kegairahan para pekebun karet rakyat di Jawa Barat. Harga getah karet kembali naik ke kisaran Rp 7.000 - Rp 8.000/kg.

“Banyak pekebun karet kini memperoleh kenaikan hasil usaha. soalnya, produksi getah karet meningkat karena gangguan penyakit pada tanamannya dapat ditekan,” kata Dede Wahyu. (Kodar Solihat)

Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi Jumat 17 Februari 2017 hal. 18

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id