BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Acara Kegiatan Lokakarya Rencana Pendirian Program Magister (S2) Fitopatologi dan Entomologi di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran

  Mar 01, 2017     Admin BPTP  

Kab. Sumedang 28/02/2017

Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Dinas Perkebunan Jawa Barat, Bapak Dede Wahyu, SP., MP menjadi salah satu narasumber pada acara Lokakarya Rencana Pendirian Program Magister (S2) Fitopatologi dan Entomologi, yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran Jatinangor Kab. Sumedang.

Pada kesempatannya tersebut, beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan perlindungan tanaman. Perlindungan Tanaman merupakan suatu sistem pengendalian populasi hama atau Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) lainnya dengan memanfaatkan semua teknologi yang dapat digunakan bersama untuk menurunkan dan mempertahankan populasi hama atau OPT lainnya sampai di bawah batas ambang toleransi.

Oleh karena itu, perlindungan tanaman dalam budidaya tanaman merupakan hal yang Sangat penting dan mutlak dilakukan, mengingat perlindungan tanaman merupakan jaminan dalam mempertahankan produksi tanaman terhadap gangguan OPT, tanpa dilakukan perlindungan tanaman pada budidaya tanaman sulit dipastikan bahwa petani akan mampu panen sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, seringkali dijumpai permasalahan-permasalahan, terutama terkait dengan SDM di bidang perlindungan tanaman, diantaranya ialah :

  1. Jumlah dan kualifikasi petugas perlindungan, pengamat OPT belum memadai,
  2. Jumlah pengamat OPT per wilayah pengamatan masih sangat kurang,
  3. Petugas pengamat yang ada sebagian besar sudah berusia > 50 tahun,
  4. Kemampuan SDM dibidang perlindungan tanaman masih terbatas terutama tenaga fungsional POPT dan belum ada regenerasi.
  5. Sebaran perangkat perlindungan yang ada belum dapat menjangkau seluruh areal perkebunan rakyat.

Sebelum acara berakhir, Bapak Dede Wahyu, SP., MP secara khusus menyampaikan berbagai masukan, khususnya berkaitan dengan peluang, kompetensi lulusan serta materi pada kurikulum Program Magister (S2) Fitopatologi dan Entomologi di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran. diantaranya ialah :

  1. Peluang atau kebutuhan lulusan Magister Fitopatologi dan Entomologi :
  • SDM di bidang perlindungan tanaman perkebunan masih terbatas, sehingga perlu peningkatan ke jenjang pendidikan formal, S1, S2 dan S3.
  • Fasilitasi ketersediaan teknologi perlindungan perkebunan, pengamatan, pemantauan, peramalan dan pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) belum optimal,
  • Sinergisme antara PHT dan perkebunan organik dalam rangka meningkatkan system perkebunan yang berkelanjutan dan mewujudkan produksi perkebunan yang aman untuk dikonsumsi, bebas residu pestisida dan aman terhadap lingkungan belum terlaksana dengan baik,
  • Penerapan pengelolaan hama terpadu berbasis agroekosistem dengan mentolerir penggunaan pestisida spesifik serangga hama atau menggunakan pestisida botani dan biopestisida (jamur, bakteri, virus dll) belum optimal.
  1. Kompetensi Lulusan

Lulusan Magister Fitopatologi dan Entomologi sangat dibutuhkan terutama di bidang perlindungan tanaman.

  1. Materi Pada Kurikulum.
  • Metode penyuluhan
  • Penerapan aspek teknologi budidaya perkebunan
  • Pengenalan OPT penting pada tanaman perkebunan
  • Pengamatan dan Peramalan OPT penting pada Tanaman Perkebunan
  • Penerapan teknologi Pengendalian Hama Terpadu
  • Teknologi pengembangan Agens Pengendali Hayati
  • Teknologi pembuatan pestisida nabati yang tahan lama masa penyimpanannya.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id