BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Pertemuan Teknis Bidang Perlindungan Tanaman Perkebunan Tahun 2017

  Mar 13, 2017     Admin BPTP  

Bandung – Rabu, 8 Maret 2017 Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Teknis Bidang Perlindungan Tanaman Perkebunan Tahun 2017. Pertemuan ini diselenggarakan untuk menjalin sinergitas dengan Kabupaten/Kota dalam rangka pemahaman koordinasi dan singkronisasi yang lebih baik di bidang perlindungan tanaman.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh  Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat H. Arief Santosa beserta Pejabat Eselon III, Eselon IV Lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Direktur Perlindungan Tanaman Direktorat Jendral Perkebunan Kementerian Pertanian RI Drs. Dedi Gunadi, B.sc , Dinas Kabupaten/Kota se - Jawa Barat yang mewakili bidang perlindungan tanaman dan petugas Sub Unit Perlindungan Tanaman.

Pembukaan pertemuan sekaligus arahan dilaksanakan oleh H. Arief Santosa sebagai Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Dalam arahannya beliau menyampaikan dalam rangka meningkatkan daya saing diharapkan ada kemajuan teknologi dengan menerapkan ekonomi kreatif yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.

Kepala UPTD BPTP Dede Wahyu juga menyampaikan kata sambutan selamat datang kepada peserta kegiatan, bahwa dengan pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan kerjasama di lapangan dalam rangka pelaksanaan kegiatan dibidang perlindungan tanaman perkebunan pada tahun 2017. Selain itu juga disampaikan informasi, bahwa sampai saat ini sudah ada 11 (sebelas) Sub Unit Perlindungan Tanaman Perkebunan Di Kabupaten/Kota di Jawa Barat namun karena keterbatasan sumber daya manusia di Bidang Perlindungan Tanaman Perkebunan, Sub Unit Perlindungan Tanaman Perkebunan yang berjalan secara optimal baru terisi sebanyak 9 (sembilan) Sub Unit Perlindungan Tanaman yang tersebar di Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Subang, Purwakarta, Bandung, Garut, Ciamis, Sumedang, dan Majalengka.

Pada kesempatan yang sama Direktur Perlindungan Perkebunan Ditjenbun Kementerian Pertanian RI Drs. Dedi Gunadi, B.sc menyampaikan dukungan perlindungan tanaman perkebunan tahun 2017 dan rencana tahun 2018, diharapkan kedepannya penanganan OPT tidak lagi dalam bentuk pengendalian, tetapi dengan strategi baru diantaranya meyakinkan petani adanya peluang besar dalam mengendalikan OPT yang efektif dan efisien, diantaranya melalui kebun percontohan, demplot PHT, dan demfarm sebagai wadah promosi ke petani.  

Penulis : Yuda Muhammad Zaelani

Editor : Dede Wahyu SP. MP.

Fotograper : Handi Noer Hakim

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id