BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Sosialisasi Kegiatan Denfarm Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Pada Tanaman Kopi di Kabupaten Garut

  Mar 23, 2017     Admin BPTP  

Bandung – Selasa, tanggal 14 Maret 2017 Salah satu metode penyuluhan yang dapat diperlihatkan secara nyata, baik cara maupun hasil penerapan inovasi teknologi yang menguntungkan bagi petani, maka dalam mengimplementasikannya Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) pada Tahun Anggaran 2017 akan melaksanakan kegiatan dem Farm penerapan inovasi Pengendalian Hama Terpadu pada Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) tanaman kopi, seluas 50 ha di Kabupaten Garut. Kegiatan demfarm diawali dengan melaksanakan kegiatan survei lapangan yang selanjutnya dilaksanakan kegiatan sosialisasi kepada petani peserta yang dilaksanakan oleh petugas fungsional Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dari BPTP, Agus Ridwan. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Petugas Sub Unit Perlindungan Tanaman Perkebunan, UPTD Perkebunan, Kelompok Tani Wanariksa dan Kelompok Tani Mitra Putra Sukatani.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan dem farm, adalah meningkatkan pengetahuan, wawasan berpikir, kemampuan dan keterampilan serta perubahan sikap petani dibidang perlindungan tanaman dalam rangka terwujudnya kebun kopi yang sehat guna memperoleh hasil produk kopi yang aman dikonsumsi dengan harapan dapat berkembangnya usaha tani yang berorientasi agribisnis berbasis komoditas kopi.

Penerapan inovasi teknologi Pengendalian Hama Terpadu serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan pada tanaman kopi dilokasi demfarm, diantaranya adalah hama Kutu hijau (Coccus viridis), hama Penggerek buah kopi (Hypothenemus hampeii) dan hama penggerek batang/ranting tanaman kopi, sedangkan jenis penyakit tanaman kopi yang akan dikendalikan adalah penyakit Karat daun.

Pelaksanaan kegiatan penerapan inovasi teknologi Pengendalian Hama Terpadu yang akan dilaksanakan, antara lain : Pengamatan serangan OPT, Teknis pengembangan Agens Pengendali Hayati (APH) jenis jamur Beauveria bassiana sp., sedangkan aplikasi pengendaliannya, adalah melaksanakan Rampasan, Petik bubuk buah kopi, Lelesan, Pengaturan naungan. Pengendalian dengan cara hayati, yaitu dengan menggunakan jamur Beauveria bassiana sp. dan dengan cara menggunakan alat perangkap hama, yaitu dengan menggunakan Antraktan. Kegiatan dem-farm akan dilaksanakan selama 8 bulan, mulai dari bulan Februari  s/d bulan Oktober 2017.

 

Penulis : Yuda Muhammad Zaelani

Editor : Dede Wahyu

Fotograper : Yuda Muhammad Zaelani

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id