BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Trichoderma sp Bahan Pengendalian Ramah Lingkungan

  Apr 06, 2017     Admin BPTP  

Oleh : Ida Farida, SP

Selain karena serangan hama, produktivitas tanaman vanili juga dapat menurun akibat serangan mikroorganisme penyebab penyakit, diantaranya oleh cendawan. Penyakit justru lebih sering mengakibatkan menurunnya kualitas maupun kuantitas hasil tanaman karena serangannya yang sering tidak tampak atau gejalanya sulit diidentifikasi. Oleh karena gejalanya sulit diidentifikasi itulah strategi pengendaliannya pun tidak tertata dengan baik.

Penyakit busuk batang adalah salah satu penyakit penting yang sering menyerang pada tanaman vanili. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi cendawan Fusarium sp pada bagian tanaman yang diserang. Perlu diketahui bahwa cendawan Fusarium sp adalah cendawan yang mampu bertahan hingga 4 tahun di dalam tanah disekitar kebun vanili. Ia dapat hidup selama itu meski tanpa tanaman inang. Pada tanaman vanili cendawan ini dapat menginfeksi bagian batang, akar, bahkan buah. Kendatipun demikian, buah yang diserang adalah buah yang sudah hampir masak. Penularannya dapat terjadi karena beberapa media yang antara lain melalui kontak langsung bagian batang dengan cendawan ini, serangga, air hujan, tanah, atau karena infeksi dari awal penanaman bibit.

Gejala serangan cendawan Fusarium ditandai dengan berubahnya warna batang tanaman dari hijau menjadi coklat muda kemudian lama kelamaan menjadi hitam dan membusuk. Pada kondisi kelembaban udara yang tinggi, bagian batang yang membusuk tersebut akan semakin cepat meluas ke bagian batang lainnya dan jika dibiarkan terus menerus, pembusukan pada batang mengakibatkan kematian tanaman karena transportasi unsur hara dari akar ke daun maupun transportasi fotosintat dari daun ke bagian tanaman lainnya akan terhambat, untuk itu maka perlu adanya kegiatan perlindungan tanaman dalam rangka mencapai produktivitas dan mutu hasil yang optimal.

Salah satu upaya yang perlu dilaksanakan untuk menghindari kerugian akibat serangan OPT, maka dalam mengendalikan OPT perlu dilaksanakannya penerapan PHT. Karena PHT merupakan suatu cara pengelolaan OPT yang aman dengan memperhatikan faktor teknis, ekonomis, ekologis dan sosiologis. Pengelolaan OPT diarahkan pada cara yang ramah lingkungan dan aman terhadap manusia, penanganan dengan cara seperti ini menjadi semakin penting di era globalisasi karena sebagian besar produk perkebunan merupakan komoditi ekspor yang dituntut harus memenuhi persyaratan seperti mutu dan hasil produk aman dikonsumsi, sehingga pasokan mampu bersaing di tingkat pasar. Produk tanaman seperti ini dapat diperoleh dengan menerapkan budidaya tanaman sehat, antara lain dengan menggunakan agens pengendali hayati, jenis jamur Trichoderma sp. dalam pengendalian serangan penyakit  Fusarium oxysporum pada tanaman vanili.

Trichoderma sp adalah salah satu jenis jamur yang sifatnya saprofit dalam tanah dan kayu. Trichoderma sp dapat menghasilkan enzim glukonase dan kitinase yang dapat menyebabkan degradasi dan lisis pada dinding sel Fusarium oxysporum. Keefektifan jamur Trichoderma sp sebagai agens pengendali hayati  Fusarium oxysporum pada tanaman vanili ditentukan oleh jumlah spora dan viabilitas.

Mekanisme kerja antagonis jamur Trichoderma sp, adalah selama patogen dalam masa dorman dapat menyebabkan kerusakan biologis inokulum patogen. Antagonis ini dapat berupa parasitisme propagul. Bentuk lain dari antagonisme adalah penekanan perkecambahan propagul melalui kompetisi karbon, nitrogen, ion besi, oksigen atau unsur-unsur penting lainnya. Sedangkan antagonisme pada permukaan akar tanaman meliputi antibiotis, kompetisi, mikroparasitisme. Antagonis semacam ini dapat melindungi tanaman secara secara biologi melaui penghambatan patogen akar, daun atau bagian daun yang lain. Hifa Trichoderma sp menetrasi struktur istirahat ataupun memarasit hifa yang aktif tumbuh, pada akhirnya hifa Trichoderma sp tumbuh sejajar dengan inangnya kemudian membentuk cabang-cabang yang melingkari seluruh permukaan hifa inang/mangsanya.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id