BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Praktek Lapang Pembuatan Agens Pengendali Hayati dan Pestisida Nabati di BPTP

  Apr 04, 2017     Admin BPTP  

Pasirjati– Kamis, 23 Maret 2017, Dalam rangka mengimplementasikan secara sistematis dan sinkron antara teori diruangan kelas dengan dilapangan, maka petani peserta pertemuan teknis pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan pada tanaman perkebunan perlu diberikan kegiatan praktek lapang dalam rangka mencapai tingkat pemahaman bagi peserta pertemuan teknis, dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan berpikir serta para petani peserta memiliki keahlian dibidang perlindungan tanaman.

Terkait dengan hal tersebut,  maka Balai Proteksi Tanaman Perkebunan sebagai unit kerja pelayanan khususnya pelayanan dibidang perlindungan tanaman perkebunan perlu kiranya memberikan fasilitasi dan memberikan kesempatan kepada para petani peserta pertemuan teknis untuk melaksanakan kegiatan praktek pengembangan Agens Pengendali Hayati dan pengolahan pestisida nabati.

Sebagai bahan informasi, bahwa kegiatan Pertemuan Teknis Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan pada tanaman perkebunan diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Bogor dengan Nara Sumber hampir 80 % dari Balai Proteksi Tanaman. Peserta pertemuan teknis terdiri dari petani kopi, pala, cengkeh dan karet. Jumlah peserta, sebanyak 45 orang petani.

Kegiatan praktek lapang diawali dengan penerimaan peserta, yang secara resmi diterima oleh Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan, Dede Wahyu, dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat datang di BPTP dan sekaligus penyambutannya merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang di berikan Balai Proteksi Tanaman Perkebunan kepada para peserta praktek lapang, sebagai bukti bahwa kami telah memberikan pelayanan kepada para peserta praktek, maka kami mohon kiranya para peserta praktek dapat mengisi form isian IKM yang telah kami sediakan.

Pada kesempatan yang sama Ibu Jayapari selaku Ketua Rombongan/Kepala Seksi Produksi Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bogor menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan yang dihadapi petani dibidang perlindungan tanaman perkebunan. Beliau juga menyampaikan tujuan melaksanakan studi banding melalui kegiatan praktek pengembangan Agens Pengendali Hayati dan pengolahan pestisida nabati, antara lain :

  1. Untuk memperkenalkan teknis pengembangan Agens Pengendali Hayati dan pengolahan pestisida nabati kepada petani peserta kegiatan pertemuan teknis pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan pada tanaman perkebunan,
  1. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan berpikir petani peserta dibidang perlindungan tanaman,
  1. Petani peserta agar mau dan mampu menerapkan aspek teknologi pengendalian OPT secara baik dan benar,
  1. Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas peserta dalam memanfaatkan bahan baku pengembangan APH dan pengolahan pestisida nabati dilapangan,

Kegiatan praktek lapang dibimbing oleh Fungsional POPT.

Lokasi kegiatan :

  1. Laboratorium hama dan penyakit BPTP,
  1. Laboratorium pengembangan Agens Pengendali hayati,
  1. Laboratorium pengolahan pestisida nabati

Selain mengikuti kegiatan praktek pengembangan agens pengendali hayati dan pengolahan pestisida nabati, para peserta praktek diberi kesempatan untuk melihat contoh pertumbuhan tanaman perkebunan (kopi, kelapa, teh, kakao, cengkeh dan karet) yang ditanam disekitar areal kantor BPTP dengan menggunakan benih unggul yang berpotensi produksi tinggi. Juga melihat koleksi Hama dan penyakit yang telah diawetkan.

Penulis : Yuda Muhammad Zaelani

Editor : Dede Wahyu

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id