BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Pengendalian Hama Oryctes rhinoceros Pada Tanaman Kelapa Dengan Metode Feromon

  Jan 20, 2016     Admin BPTP  

Tanaman kelapa tumbuh dengan suburnya hampir diseluruh pelosok Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Penyebaran yang demikian luas serta peranannya yang secara langsung atau tidak langsung menyangkut harkat hidup rakyat banyak karena semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, sosial dan budaya. Hal ini menyebabkan tanaman kelapa selain digolongkan ke dalam komoditi sosial juga mempunyai peran penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.

Kontribusi perkebunan kelapa antara lain dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, baik regional maupun nasional, penghasil devisa negara, penyedia bahan baku industri, menciptakan lapangan pekerjaan serta pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Perkembangan komoditas kelapa di Jawa Barat berdasarkan data Dinas Perkebunan Jawa Barat Tahun 2013, tercatat total areal komoditas kelapa seluas 172.614,00 Ha, dengan rincian Perkebunan rakyat 171.970,00 ha (93,63%) dan Perkebunan Swasta seluas 644,00 ha (0,37%). Rata – rata produktivitas perkebunan kelapa rakyat di Jawa Barat masih rendah, yaitu baru mencapai sebesar 819 kg/kopra/ha/tahun. Idealnya rata – rata produktivitas kelapa berdasarkan hasil penelitian dari Balai Penelitian Kelapa dan Palma Manado dengan menggunakan jenis varietas unggul produksi kelapa berkisar antara 2,8 – 3,3 ton kopra/ha/tahun.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya produktivitas dan kualitas perkebunan kelapa rakyat, antara lain potensi daya hasil bahan tanaman yang digunakan masih rendah, penerapan aspek teknologi budidaya dan pengolahan hasil tanaman kelapa belum dilaksanakan secara baik dan benar serta adanya serangan OPT pada tanaman kelapa, diantaranya serangan hama Oryctes rhinoceros.

Dalam rangka peningkatan produktivitas kelapa dan produk kelapa yang bebas residu pestisida, maka salah satu  kegiatan yang perlu dilaksanakan adalah perlunya dilaksanakan kegiatan pengendalian serangan hama Oryctes rhinoceros.pada tanaman kelapa dengan menggunakan Feromon yang dituangkan ke dalam alat perangkap hama.

Terkait dengan hal tersebut di atas, maka dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat akan produk tanaman yang berkualitas, ekonomis, serta aman dikonsumsi semakin tinggi. Produk tanaman seperti ini dapat diperoleh dengan menerapkan budidaya tanaman sehat, diantaranya penggunaan Feromon yang dituangkan ke dalam alat perangkap hama sebagai sumber pengendalian hama Oryctes rhinoceros.

Pengendalian dengan menggunakan feromon (alat perangkap) adalah salah satu komponen utama dalam sistem PHT disamping cara bercocok tanam dan menggunakan varietas unggul. Sedangkan penggunaan pestisida kimia yang berlebihan dapat menimbulkan ketahanan hama (resistensi) terhadap pestisida dan resurjensi hama (ledakan hama kedua). Selain itu pestisida sebagai bahan beracun termasuk bahan pencemar yang bahayanya bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Terkait hal di atas, dalam rangka membangun perkebunan kelapa yang tangguh, maka dukungan dan pengawalan yang memadai terutama pada kegiatan penerapan aspek teknologi budidaya, gangguan serangan OPT seperti hama Oryctes rhinoceros. Kerugian yang ditimbulkan setia tahunnya cukup besar sehingga perlu perlu perhatian terhadap gangguan OPT.

Untuk itu Balai Proteksi Tanaman Perkebunan melalui Program Peningkatan Produksi dan Produktivitas Perkebunan Berkelanjutan khususnya dukungan perlindungan tanaman perkebunan telah melaksanakan kegiatan pengendaian hama Oryctes rhinoceros pada tanaman kelapa dengan menggunakan Freomon (perangkap hama) di Kabupaten Pangandaran pada tahun 2015.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id