BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kadisbun Jabar Hadiri Pertemuan Mitra Praja Utama di Banten

  Apr 28, 2017     Admin BPTP  

Oleh MS. Ansori

Tangerang (28/04/2017)

Rapat Gabungan ke XVII Mitra Praja Utama Bidang Ketahanan Pangan yang berlangsung di Kota Tangerang Provinsi Banten pada tanggal 26 – 28 April 2017, beranggotakan unsur-unsur dari Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan Penyuluhan dari 10 Provinsi diantaranya Provinsi Lampung, Banten, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, dengan Pimpinan sidang Bidang Pangan sebagai berikut :

  1. Kadisbun Jabar (Ketua)
  2. Kadisnak Bali (Wk. Ketua)
  3. Kabid Kesmavet Disnak Jateng (Sekr)

Rumusan dalam pertemuan tersebut diantaranya berupa evaluasi kegiatan terkait Mitra Praja Utama pada Tahun Anggaran 2016, Selama ini Program/Kegiatan Mitra Praja Utama yang sudah di programkan oleh OPD Teknis di masing-masing provinsi tidak berjalan secara optimal, misalnya:

  1. Masalah Data Produksi dan Informasi Pangan (harga, waktu panen, distribusi, dll).
  2. Pengendalian laju konversi lahan pertanian di masing2 provinsi kurang optimal.
  3. Pengendalian OPT Tan Pangan, Hortikultura dan Perkebunan serta Hewan dan Kesmavet antar Provinsi kurang optimal.
  4. Promosi bersama produk pertanian anggota MPU n pameran produk pertanian mengalami banyak kendala krn tidak terkoordinasi (tidak ada OPD Provinsi yang diberi kewenangan sbg koordinator).

Monitoring Kegiatan Mitra Praja Utama pada Tahun 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan pemanfaatan IT berupa Website Mitra Praja Utama Pangan.
  2. Penanganan Organisme Pengganggu Tumbuhan Pertanian (Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) dan Kesehatan Hewan serta Monitoring Bersama di Cek Point lintas Provinsi.
  3. Promosi Bersama dan Pameran Produk Pertanian anggota Mitra Praja Utama.

Sedangkan usulan Program dan Kegiatan pada tahun 2018 adalah sebagai berikut :

  1. Monitoring dan Pengawasan Bersama Peredaran Benih/Bibit palsu dan Pupuk serta Pestisida Palsu. Bentuk kegiatannya: Pertemuan dengan Narasumber dari Kementrian Pertanian dan ke Lapangan dalam rangka penelusuran Benih/Bibit, Pupuk dan Pestisida Palsu (melibatkan PPNS)
  2. Model penanganan GUP (Gangguan Usaha Perkebunan). Bentuk Kegiatan: Pertemuan dan ke Lapangan dalam rangka Model Penanganan Kasus GUP (Melibatkan unsur : BPN, Kepolisian, aparatur pemerintah setempat, pihak pemegang HGU)
  3. Program/Kegiatan lain yang dapat dimasukkan ke dalam MPU bisa disusulkan via Sekretariat bersama dan nanti bulan Oktober akan di mantapkan di NTB.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id