BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Pengendalian Hama Tikus dengan cara Pemberian Rodentisida berbahan aktif Brodifakum pada Lahan Tebu di Desa Palasah, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka

  May 26, 2017     Admin BPTP  

Selasa, 16 Mei 2017 Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Jawa Barat telah melakukan kegiatan pengendalian hama tikus yang menyerang kebun tebu. Pengendalian ini dilakukan sebagai tindak lanjut informasi yang diberikan oleh para Petani tebu. Serangan hama tikus pada kebun tebu ini terjadi di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Dari informasi yang didapat serangan terjadi di beberapa desa yaitu : Desa Palasan, Desa Kertawinangun dan Desa Bantarjati. Setelah diadakan peninjauan dan pengamatan, diperoleh data hasil pengamatan pada beberapa lahan tebu terserang dengan rata – rata terserang hama tikus dengan serangan berat. Data hasil pengamatan dan pelaporan tersebut menjadi dasar diadakannya pengendalian hama tikus di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

 Kegiatan pengendalian ini dihadiri oleh 5 orang petani pemilik kebun tebu dari kelompok Laksmana, Desa Palasah, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Kemudian juga dihadiri oleh 1 orang petugas Brigadir BPTP Jawa Barat, 1 orang petugas Sub Unit BPTP Majalengka, serta 3 orang petugas dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka. Sehingga kegiatan pengendalian hama tikus ini keseluruhan dihadiri oleh 10 orang.

Kegiatan diawali dan dibuka dengan melaksanakan sosialisasi mengenai hama tikus, rencana pengendalian yang akan dilakukan dan cara pengamatan yang akan dilakukan. Materi disampaikan oleh Iwan Setiawan petugas Brigade Proteksi Tanaman dari BPTP Disbun Jawa Barat. Dalam penjelasannya dikatakan bahwa hama tikus merupakan hama yang cukup merugikan dalam usaha budidaya tanaman tebu. Hama tikus dapat dengan cepat berkembang bila mata rantai makanannya tidak terputus. Namun, hama tikus juga dapat dengan mudah beradaptasi jika mata rantai makanannya terputus dengan alternatif rantai makanan lain. Serangkaian kegiatan dalam upaya pengendalian serangan tikus ini telah diupayakan mulai dari penggunaan bahan kimia sampai dengan pengendalian hama tikus yang ramah lingkungan. Pada kegiatan pengendalian ini Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Jawa Barat melakukan bantuan pengendalian secara kimia yang dilakukan dengan pemberian rodentisida berbahan aktif Brodifakum. Aplikasi rodentisida bertujuan untuk menarik tikus datang dan memakannya sehingga tikus akan mati karena keracunan. Rodentisida ini diberikan atau disimpan pada jalur  tikus biasa berkeliaran juga bica diletakan disekitar lubang tikus yang masih aktif.

Untuk mengetahui dampak dari pengendalian yang sudah dilakukan para petania juga diajarkan cara mengamati tanaman terserang dan juga cara penghitungannya. Pengamatan dilakuan satu minggu sekali dengan jumlah sampeh dan tempat yang sama. Penetuan sampel dilakukan dengan cara mengambil 10 rumpun tanaman tebu dari setiap juring. Dalam satu kebun diambil sampel juring sebanyak 10 juring.

Setelah sosialisasi kegiatan dilanjutkan dengan peragaan dan praktek pengaplikasian di lapangan. Lokasi praktek dilakukan di salah satu kebun petani yang terserang sebagai contoh. Para petani dengan didampingi petugas BPTP melakukan aplikasi sesuai instruksi pada saat sosialisasi. Dilakukannya praktek langsung ini agar para petania dapat mengaplikasikannya dengan benar sesuai anjuran yang dilakukan oleh BPTP. Setelah semua rangkaian kegiatan telah dilakukan, kemudian kegiatan ditutup dengan foto bersama dan penyerahan bantuan rodentisida kepada petani. Setelah diadakannya kegiatan ini diharapkan kondisi serangan tikus di kebun tebu ini dapat berkurang.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id