BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Pengamatan dan Pengendalian OPT Tembakau Di Kabupaten Garut

  Jul 14, 2017     Admin BPTP  

Rabu, 12 Juli 2017 Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan pengamatan dan pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) tembakau di Kelompok Tani Makmur Tani Cidadali Desa Desa Tanjungkarya Kecamatan Samarang Kabupaten Garut.

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan serangan OPT tembakau didominasi oleh hama ulat grayak (Spodoptera litura) dan Tobbaco Mosaic Virus (TMV). Adapun hama dan penyakit lain yang menyerang tanaman tembakau di lahan tersebut diantaranya hama kutu daun, dan belalang, sedangkan penyakit yang menginfeksi tanaman tembakau penyakit bercak daun.

Pengendalian OPT tembakau di Kelompok Tani Makmur Tani Cidadali dengan menggunakan teknologi terbaru yaitu metabolit sekunder jamur Trichoderma sp. dan pestisida nabati ekstrak biji mimba. Pengendalian dengan teknologi terbaru ini tidak akan menimbulkan dampak yang merugikan seperti terjadinya pencemaran lingkungan dan sebagainya, karena pada umumnya bahan nabati tersebut cepat terurai menjadi bahan yang tidak berbahaya namun banyak manfaatnya terhadap tanaman tembakau.

Menurut Ketua Kelompok Tani Makmur Tani Cidadali Bapak Syarif, penggunaan metabolit sekunder Trichoderma sp dan pestisida nabati ekstrak biji nimba bagi tanaman tembakau mampu menurunkan serangan ulat gerayak, meningkatkan kualitas tembakau hal ini terlihat dari ketebalan daun dan besarnya ukuran daun tembakau.

 

Para petani tembakau anggota Kelompok  Tani Makmur Tani Cidadali juga merasakan dampak baik yang cukup baik dari kegiatan pengendalian OPT tembakau. Mereka optimis bahwa kedua jenis teknologi berbasis ramah lingkungan ini mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tembakau ke depannya.

Tradisi Pengendalian OPT

Sebelum masuknya teknologi pengendalian OPT tembakau, Kelompok Tani Makmur Tani Cidadali sudah mengenal teknik pengendalian OPT tembakau yang diperoleh secara turun – menurun dan berdasarkan pengalaman yang diperolehnya, salah satunya pengendalian penggerek batang tembakau, yaitu dengan cara membelah bagian batang yang terserang dengan menggunakan pisau, kemudian lubang gerekan di tutup dengan tanah. 

Penulis : Yuda Muhammad Zaelani, SP.

Editor : MS. Ansori, SP., MP.

Dokumentasi : Tim Dokumentasi BPTP

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id