BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Proteksi Tanaman Optimalkan Produksi Komoditas

  Sep 11, 2017     Admin BPTP  

BANDUNG, (PR).- Peran proteksi atau perlindungan tanaman semakin penting bagi pengusahaan perkebunan. Sebab, proteksi tanaman perkebunan menjadi penyelamat hasil panen sekaligus peningkatan produktivitas dan kualitas produksi.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Arief Santosa, di Bandung, Jumat (8/9/2017) lalu menyebutkan melalui proteksi tanaman banyak hasil penyelamatan produksi usaha perkebunan rakyat dapat dilakukan di Jawa Barat, baik tanaman kopi, teh, kakao, dll. Terselamatkannya produksi melalui terciptanya kondisi tanaman yang sehat, berpengaruh optimalisasi hasil usaha para petani pekebun.

Disebutkan, proteksi tanaman semakin penting apalagi bersifat ramah lingkungan. Walau aspek pembudidayaan sudah baik, jika terkena hama dan penyakit akan hancur usaha berkebunnya.

Ia mencontohkan, gencarnya kegiatan perlindungan tanaman yang dilakukan Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pasirjati, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, terbukti mampu memulihkan kondisi kesehatan tanaman dan penyelamatan produksi. Misalnya pada jumlah areal tanaman kopi wilayah Jawa Barat, hanya dalam waktu 2 – 3 bulan BPTP sudah mampu memulihkn produktivitas tanaman sekitar 3 ton / hektare.

“Yang terus dipacu, adalah proteksi secara ramah lingkungan sebagai dasar utama menciptakan kondisi tanaman dan tanah yang sehat. Hasilnya, semakin banyak komoditas maupun produk perkebunan rakyat di Jawa Barat diminati konsumen, karena bersifat ramah lingkungan dan aman pangan.” ujar Arief Santosa.

Karena sejumlah inovasi yang dilakukan, disebutkan Arief Santosa, BPTP Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat memperoleh dua penghargaan terbaik dari Gubernur Jawa Barat untuk tahun 2017, pad Rabu (6/9/2017) lalu. Penghargaan itu sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Terbaik Bidang Pertanian Tingkat Provinsi Jawa Barat dan Inovasi Papatina (Pengolahan Pestisida Nabati).

Pelayanan Prima

Kepala BPTP Dinas Perkebunan Provins Jawa Barat, Dede Wahyu mengatakan, apa yang dilakukan bertujuan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat terkait bidang proteksi tanaman perkebunan adalah sejumlah inovasi bermanfaat.

Disebutkabn sebagai motor dilapangan adalah para petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan. Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat perkebunan rakyat dalam perlindungan tanaman dari hama dan penyakit, sudah dioprasikan laboratorium keliling yang dimitrakan dengan kelompok petani pekebun.

Dede Wahyu juga menunjukan, lingkungan areal BPTP Pasirjati yang dirangcang sebagai tempat tepat guna dan nyaman bagi masyarakat perkebunan yang meminati pelayanan dari balai itu. Selain terdapat banyak populasi tanaman perkebunan, laboratorium uji coba dan produksi, juga terdapat ruangan penginapan, sanitasi lingkungan, ruang laktasi, dan fasilitasi kaum difabel. (Kodar Solihat)***

Sumber :

Harian Umum Pikiran Rakyat 11 September 2017 Halaman 18

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id