BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Bimbingan Petugas Teknis Brigade Proteksi Tanaman Lingkup UPTD Balai Perlindungan Perkebunan

  Apr 10, 2018     Admin BPTP  

Dalam rangka  meningkatkan wawasan, pengetahuan, serta sumberdaya petugas, UPTD Balai Perlindungan Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan bimbingan teknis petugas Brigade Proteksi Tanaman (BPT).
Bimtek dilaksanakan di Topas Galeria Hotel Bandung selama 5 (lima) hari dari Selasa sampai dengan Sabtu, 3 – 7 April 2017. Tujuan diselenggarakan bimtek petugas BPT ini yaitu untuk melatih petugas BPT, sehingga memiliki kompetensi dalam hal pembinaan petani perkebunan di bidang perlindungan tanaman, mampu melaksanakan pengendalian OPT, dan mampu penggunaan sarana dan prasarana pengendalian OPT. Peserta bimtek yaitu petugas BPT lingkup UPTD BPP sebanyak 10 (sepuluh) orang.

Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Arief Santosa, SE. M.Sc. beliau juga menyampaikan arahan bahwa dalam rangka membangun perkebunan yang tangguh, maka dukungan dan pengawalan yang memadai terutama dalam penerapan aspek teknologi budidaya tanaman, pasca panen secara baik dan benar, gangguan hama penyakit serta anomali iklim seperti kekeringan dan banjir memiliki pengaruh langsung terhadap kualitas hasil, oleh sebab itu perhatian terhadap penanganan OPT dan Dampak Perubahan Iklim (DPI) perlu terus kita tingkatkan. Brigade Proteksi Tanaman (BPT) merupakan suatu unit pelaksana pengendalian yang mempuanyai tugass pokok membantu petani dalam pengendalian OPT di daerah sumber serangan dan daerah yang mengalami ekplosif serangan OPT. Dalam pelaksanaannya BPT dapat dibantu oleh Regu Pengendali OPT (RPO) petani setempat. Peran BPT dilapangan sangat penting dalam mengambil/menentukan langkah operasional pengendalian untuk mengatasi kondisi tertentu terutama pada daerah yang permasalahan OPT nya belum dapat di atasi secara mandiri.

Selama bimtek peserta mendapatkan materi tentang rekayasa sosial, manajemen SDM, pengenalan  pestisida, pengenalan perbanyakan APH Cair, pengenalan peralatan  pengendalian OPT, praktek aplikasi pestisida di lapangan, dan praktek kalibrasi peralatan pengendalian OPT menggunakan power sprayer, knapsack sprayer, mist blower, dan fogging.


Penulis : Yuda Muhammad Zaelani

Editor : MS. Ansori

Dokumentasi : Yuda Muhammad Zaelani

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id