BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Pengembangan Tanaman Nimba

  May 08, 2019     Admin BPP  

anaman Nimba atau Mimba  (Azadirachta indica) merupakan tanaman yang tingginya dapat mencapai 20 meter, berdaun menyirip dan berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan runcing, sedangkan buahnya merupakan buah batu dengan panjang 1 cm. Buah nimba dihasilkan dalam satu sampai dua kali dalam setahun. Tanaman ini mempunyai berbagai manfaat, salah satunya dapat digunakan sebagai pupuk hijau dan pestisida nabati. Pestisida nabati yang terbuat dari tanaman nimba merupakan alternatif pestisida kimia bagi petani.

Oleh karena itu, UPTD Balai Perlindungan Perkebunan Provinsi Jawa Barat mengembangkan tanaman nimba untuk dipergunakan sebagai pestisida nabati yang berada di Kabupaten Purwakarta. Sejak tahun 2016 bibit tanaman nimba mulai dikembangkan, namun hingga pada tahun 2017 bibit yang tumbuh hanya 5% dari sekitar 5000 bibit per tahun nya. Hal ini dikarenakan benih yang dihasilkan mengalami dormansi atau suatu keadaan berhenti tumbuh. Benih nimba yang dipasok langsung dari Sidoarjo harus segera ditanam untuk digunakan sebagai pembibitan sehingga meminimalisir benih menjadi dorman.

Bibit tanaman nimba yang telah tumbuh selanjutnya disalurkan kepada petani untuk digunakan dalam pembuatan pestisida nabati. Pada tahun 2019 bibit tanaman nimba mengalami pertumbuhan yang signifikan. Bibit tanaman nimba tumbuh dengan baik sehingga sudah mulai disalurkan ke petani-petani guna pembuatan pestisida nabati.

Dalam pembuatan pestisida nabati, bagian yang dipergunakan yaitu daun tanaman nimba yang mengandung zat Azadirachtin. Zat ini efektif sebagai pestisida. Azadirachtin tidak langsung mematikan serangga tetapi memodifikasi daur hidupnya sehingga serangga menjadi tidak aktif.

Selain digunakan untuk pestisida nabati, daun tanaman nimba juga dapat dipergunakan sebagai pupuk hijau karena memberikan manfaat seperti memperbaiki struktur tanah. Dengan penambahan bahan organik, unsur hara akan lebih lama tersedia untuk tanaman.

Oleh karena itu diharapkan pengembangan tanaman nimba akan terus berlanjut sehingga para petani dapat merasakan manfaat dari budidaya tanaman nimba.

 

OLEH : Vini dan Efalia

EDITOR : Mochamad Sopian Ansori, SP., MP.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id