BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Desa Pertanian Organik Kopi Di Kabupaten Garut

  May 17, 2019     Admin BPP  

Desa pertanian organik berbasis komoditas perkebunan merupakan salah satu program yang saat ini sedang dikembangkan oleh Direktorat Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian. Pengembangan desa pertanian organik pada komoditas perkebunan sudah dilaksanakan mulai tahun 2015 sampai dengan tahun 2019. Proses tahapan dalam pelaksanaan desa pertanian organik dimulai dari penetapan CP/CL pada tahun 2015, kedua; tahapan inisiasi berupa sosialisasi dan pengadaan input/sarana prasarana produksi pada tahun 2016 dan ketiga; penyiapan dokumen, persiapan sertifikasi, sertifikasi produk, apresiasi produk organik pada tahun 2017 sampai dengan 2019.

Salah satu desa yang sedang dikembangkan untuk desa pertanian organik adalah Desa Pangauban. Desa Pangauban terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Desa ini memiliki kelompok tani bernama Kelompok Tani Berkah Tani Pangauban, yang diketuai oleh Bapak Ajum Rahayu. Proses pengembangan desa organik di Desa Pangauban ini sudah berjalan selama 4 tahun semenjak tahun 2015.

Direktorat Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Balai Perlindungan Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Barat dan Dinas Pertanian Kabupaten Garut untuk membina desa pertanian organik di Desa Pangauban ini.  Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang dikembangkan di desa Pangauban. Kebutuhan akan tingginya permintaan kopi pada pasar ekspor, menjadi salah satu alasan bagi para petani di desa Pangauban untuk bisa mengembangkan produk kopi organik. Pada program desa pertanian organik ini, jumlah luas lahan yang harus didaftarkan mencapai luas minimal 15 hektar, sedangkan petani yang didaftarkan untuk program desa pertanian organik di desa Pangauban berjumlah 29 orang.

Apabila telah memenuhi persayaratan. terdapat 3 jenis sertifikat yang akan didapatkan oleh KT Berkah Tani Pangauban, yaitu sertifikat SNI, EU (Europe Union), dan UTZ (pengolahan yang secara profesional, memperhatikan aspek sosial dan kelestarian lingkungan). Pada pengembangan di tahun keempat ini, tepatnya tanggal 26 April 2019, KT Berkah Tani Desa Pangauban mendapatkan penghargaan sertifikat organik SNI dari ICERT. Penyerahan sertifikat langsung diberikan oleh Direktur Perlindungan Perkebunan yaitu Bapak Dudi Gunadi di Aula Balai Perlindungan Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Dari total 17 hektar yang didaftarkan, sekitar 12 hektarnya berhasil mendapatkan label sertifikat organik. Dengan adanya produk kopi organik ini, diharapkan akan mampu meningkatkan harga jual kopi dan juga meningkatkan pendapatan para petani di KT Berkah Tani Pangauban.

Penulis : Tim BPP Disbun

Editor : MS Ansori

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id