BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Desa Organik Berbasis Komoditas Perkebunan Di Kelompok Tani Cisondari I, Desa Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung

  May 17, 2019     Admin BPP  

Program Desa Organik Berbasis Komoditas Perkebunan dimulai merupakan program skala nasional yang diampu oleh Direktorat Jenderal Perkebunan. Di wilayah Jawa Barat program ini dimulai pada tahun 2016. Sebanyak delapan kelompok tani di Jawa Barat diikutsertakan mengikuti program tersebut. Kelompok tani yang diikutsertakan merupakan kelompok tani teh dan kopi. Salah satunya Kelompok Tani Cisondari I yang merupakan kelompok tani yang menggeluti komoditas teh.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan nilai jual produk perkebunan petani dan meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar lokal maupun mancanegara. Karena dengan adanya sertifikat organik, nilai jual produk akan meningkat dengan adanya lisensi legal organik dari lembaga ahli. Tujuan lainnya juga supaya petani menjadi mandiri dalam menggunakan input produksi.

Sebanyak 25 orang petani anggota yang mengikuti program ini dan lahan teh yang didaftarkan untuk menjadi kebun organik seluas 15 hektar. Untuk menjadi kebun organik dan mendapatkan sertifikat organik, petani harus melakukaan konversi lahan selama tiga tahun untuk mendegradasi zat-zat kimia sintetik di lahan kebun tehnya. Selama masa konversi, petani tidak diperbolehkan menggunakan pupuk dan pestisida kimia sintetis. Selain itu kebun petani diharuskan dibatasi dengan zona penyangga dari kebun sekitar atau lingkungan sekitar yang menimbulkan zat-zat yang berbahaya. Misalnya jika kebun organik berbatasan dengan kebun non-organik atau kandang ternak diharuskan dibatasi dengan zona penyangga. Zona penyangga tersebut bisa dengan tanaman pagar, parit, atau kolam air.

Selama satu tahun terakhir, KT Cisondari I mengikuti pelatihan mengenai sertifikasi organik. Petani didampingi fasilitator dari lembaga ahli sertifikasi organik. Kemudian setelah itu kebun teh petani anggota KT Cisondari I diaudit dan diinspeksi untuk mendapatkan sertifikasi organik SNI, UTZ, dan EU.

Dalam program ini petani dituntut untuk mandiri dalam organisai kelompoknya maupun dalam hal memelihara kebunnya. KT Cisondari I sudah mempunyai produk akhir dari daun pucuk tehnya. Produk tersebut adalah “Teh Gelang” yang merupakan tergolong ke dalam teh hitam. “Teh Gelang” diproduksi secara manual menggunakan tangan. Yang membuat “Teh Gelang” KT Cisondari I berbeda dengan teh hitam yang lain yaitu menggunakan kualitas pucuk grade 1. Kualitas pucuk grade 1 merupakan daun pekoe + 2. “Teh Gelang” KT Cisondari I diproses oksidasi sedemikian rupa yang menjadikan rasa tehnya pulen, tidak seperti teh hitam celup yang beredar dipasaran.

Pada tanggal 26 April 2019, Alhamdulillah KT Cisondari I sudah mendapatkan sertifikasi organik SNI. Mudah-mudah KT Cisondari I juga mendapatkan sertifikasi UTZ dan EU. Diharapkan dengan adanya sertifikat organik SNI, KT Cisondari I dapat lebih melebarkan pemasaran produknya dan menjadi petani the yang sejahtera.

Penulis : TIM BPP Disbun

Editor : MS Ansori

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id