BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Sertifikasi Desa Organik di Kabupaten Purwakarta

  Jul 25, 2019     Admin BPP  

Serangkaian proses Sertifikasi Desa Organik di Kabupaten Purwakarta telah selesai dilaksanakan. Salah satunya adalah Audit Desa Organik di Kabupaten Purwakarta,  Audit berlangsung di dua kelompok tani teh, yaitu Kelompok Tani Sindangpanon dan Kelompok Tani Pusakamekar. Kegiatan yang berlangsung selama 9 hari ini berlangsung lancar dan tidak banyak menemui kendala. Dan temuan-temuan yang ditemukan selama di lapangan pun sudah selesai diperbaiki, hal ini karena terjadinya sinergi yang baik antara auditor (Icert), pendamping, dan petani itu sendiri.

Proses audit desa organik berlangsung dari tanggal 1-9 Juli 2019. Kegiatan audit ke lapangan anggota kelompok selama 6 hari, dan 3 hari adalah perbaikan temuan-temuan di kebun teh milik anggota kelompok tani. Dari 25 anggota kelompok tani, hanya di ambil sampel sebanyak 12 kebun milik 12 anggota kelompok tani yang dipilih secara acak oleh auditor dari Icert.

Sebelum Audit desa organik, telah ada pre-assessment atau perbaikan dan melengkapi dokumen-dokumen apa saja yang harus di siapkan dan diperbaharui oleh kelompok tani, yang berlangsung selama 4 hari, berlangsung dari tanggal 17-20 Juni 2019. Inspeksi ke kebun anggota pun dilaksanakan dengan tujuan melihat secara langsung kebun anggota dan menentukan titik koordinat kebun teh milik petani.

Harapannya dari diadakannya audit eksternal ini, petani lebih memahami apa saja yang diperbolehkan dan apa saja yang tidak diperbolehkan untuk mendapatkan sertifikat organik, dan memberikan pemahaman yang baik kepada petani, bahwasanya untuk mendapatan sebuah sertifikat organik itu tidak mudah.

Banyaknya temuan-temuan yang ditemukan selama proses audit eksternal ini terjadi karena kebanyakan petani tidak tahu bahwa apa yang mereka lakukan di kebun tidak diperbolehkan dan mempengaruhi kepada keluarnya sertifikat organik.

Kegiatan audit desa organik ini berjalan karena adanya kerjasama dari UPTD Balai Perlindungan Perkebunan Provinsi Jawa Barat dengan PT. Icert Agritama Internasional. Kegiatan di Purwakarta hanya merupakan satu dari rangkaian Sertifikasi Desa Organik di Provinsi Jawa Barat.

Penulis : Efalia

Editor : MS. Ansori

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id