BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Pengendalian OPT Tanaman Teh di Kabupaten Purwakarta

  Jul 25, 2019     Admin BPP  

Kegiatan pengendalian OPT pada tanaman teh di Kabupaten Purwakarta telah selesai dilaksanakan pada hari kamis tanggal 18 Juli 2019 yang berlokasi di Kecamatan Pusakamulya dengan kelompok tani Barong Mulya. Kegiatan diawali dengan pemetikan pucuk daun teh di masing-masing kebun teh milik petani. Kemudian petugas baik dari Dinas Kabupaten maupun dari Balai Perlindungan Perkebunan survey langsung ke salah satu kebun teh milik petani yaitu kebun teh milik Pak Asep. Disana para petugas mengamati langsung kondisi fisik tanaman teh. Terlihat perbedaan yang cukup signifikan antara tanaman teh milik Pak Asep dari yang sebelumnya terlihat banyak serangan OPT seperti Helopeltis sp., cacar daun (Blister blight), Empoasca sp., ulat pemakan daun serta pucuk burung. Setelah dilakukan aplikasi sebanyak 4 kali terlihat bahwa OPT yang biasa menyerang tanaman teh intensitasnya mengalami penurunan. Daun teh terlihat berwarna hijau segar dan jarang ditemukan daun teh yang terserang oleh OPT.

Setelah petani mengambil sampel dari kebun masing-masing, dilanjutkan dengan pengamatan yang dilaksanakan di kantor Satuan Pelayanan Kabupaten Purwakarta dengan arahan dari petugas pendamping serta petugas POPT dari Balai Perlindungan Perkebunan. Pengamatan dilakukan dengan cara mengambil sampling dari tanaman teh sebanyak dua genggam lalu dihitung jumlah intensitas serangan OPT apa saja yang menyerang. Kemudian ditulis pada lembar form pengamatan yang telah disediakan oleh petugas. Petani melakukannya dengan pengulangan sebanyak 3 kali dengan cara yang sama.

Kemudian setelah data diperoleh, petugas POPT membahas OPT apa saja yang dominan menyerang tanaman teh. Dan didapat bahwa OPT yang menyerang tanaman teh dengan intensitas yang tinggi yaitu ulat pemakan daun dan pucuk burung. Oleh karena itu, petugas POPT dari Balai Perlindungan Perkebunan memberikan arahan dan saran guna serangan OPT dapat menurun. Salah satu cara yang digunakan yaitu dengan pemberian metabolit sekunder Trichoderma sp. Yang diharapkan dengan pemberian metabolit sekunder secara rutin, dapat menurunkan intensitas serangan OPT dan meningkatkan produksi tanaman teh itu sendiri.

Penulis : Vinny

Editor : MS. Ansori

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id