BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

VALIDASI SIMAKIT PERIODE TRIWULAN II TAHUN ANGGARAN 2019

  Jul 25, 2019     Admin BPP  

Bandung – (18/7/2019) UPTD Balai Perlindungan Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Validasi Data Simakit (Sistem Informasi Hama dan Penyakit) pada tanaman perkebunan Triwulan II Tahun 2019, kegiatan berlangsung selama satu hari tanggal 16 Juli 2019.

Kegiatan Validasi Simakit Triwulan II Tahun 2019 kali ini diikuti oleh 40 orang, yang semuanya merupakan perwakilan dinas yang mengelola data Simakit, dari masing-masing Kabupaten/Kota se - Jawa Barat. Tujuan dari diadakannya kegiatan Validasi Data Simakit ini adalah, untuk meningkatkan kerjasama serta sinkronisasi data dengan para petugas Kabupaten/Kota, mengenai informasi hama dan penyakit yang tersebar di Provinsi Jawa Barat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena sebagai acuan dasar untuk kegiatan pengendalian Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Jawa Barat di masa yang akan datang.

Acara diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Sekertaris Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Bapak Rika Jatnika dalam sambutannya beliau menyampaikan Perlindungan tanaman merupakan  bagian yang terpenting dalam budidaya tanaman, karena perlindungan tanaman merupakan jaminan dalam mengendalikan OPT. Simakit menjawab tantangan bahwa minimnya jumlah SDM, adanya sistem akan mempermudah dan menurangi tenaga SDM.

Pengelolaan OPT diarahkan kepada penanganan yang ramah lingkungan dan aman bagi manusia, sebagian besar produk perkebunan merupakan komoditi ekspor. Pengamatan HPT merupakan alah satu kontribui kecil bagi perkebunan di Jawa Barat. Pengamatan meliputi pengumpulan informasi serangan OPT, faktor-faktor yang mempengaruhi serangan OPT, wilayah sebaran OPT. menciptakan sinergisme produk perkebunan secara organik agar bebas pestisida, aman bagi lingkungan, dan yang terpenting meningkatkan pendapatan petani.

Kegiatan pengamatan dan pengumpulan informasi serangan OPT, merupakan kegiatan yang paling mendasar dalam melaksanakan kegiatan pengendalian dan harus dilaksanakan secara profesional serta berkesinambungan, sehingga hama penyakit bisa dicegah sedini mungkin. Sesuai dengan apa yang telah diamanatkan melalui peraturan perundang-undang Nomor 12 Tahun 1992 Tentang Sistem Budidaya Tanaman dan pada Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1995 Tentang Perlindungan Tanaman.

 

PENULIS : YUDA M ZAELANI

EDITOR : M. SOPIAN ANSORI

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id