BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

BANG ALI ALIAS APH CAIR EFEKTIF MENGENDALIKAN OPT KAKAO

  Jul 25, 2019     Admin BPP  

BANDUNG – (18/7/2019) UPTD Balai Perlindungan Perkebunan Dinas Perkebunan berhasil mengendalikan OPT Kakao di Kelompok Tani Mekarjaya Mangunjaya Desa Mangunjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran. Pelaksanaan pengandalian OPT kakao berlangsung selama 3 bulan. Petugas yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini diantaranya Fungsional POPT, Brigade Proteksi Tanaman, dan Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran yang membidangi perkebunan.

Pelaksanaan pengendalian diawali dengan sosiasialisasi, pengamatan OPT, dan aplikasi pengendalian hama dan penyakit. Berdasarkan hasil pengamatan awal hama dan penyakit yang ditemukan dinataranya Kepik Penghisap (Helopeltis. sp.), Penggerek Buah Kakao, dan penyakit Busuk Buah Kakao. Bahan pengendalian yang digunakan yaitu Bang Ali (Pengembangan Agens Pengendali hayati Cair).

Menurut Ahmad selaku ketua kelompok tani mmenyebutkan pengaruh aplikasi Bang Ali ini sangat berpengaruh tehadap penurunan tingkat serangan hama dan penyakit tanaman, tetapi juga tanamannya. Secara fisik tanaman kakao yang di budidayakannya mulai muncul bunga baru yang lebih banyak serta daun nya tampak lebih hijau segar.

Mengingat peran Bang Ali yang lengkap dan penting dan kemudahan dalam pembuatan dan pengaplikasian, kedepannya tidak menutup kemungkinan akan di produksi kembali untuk bahan pengendalian OPT kakao.

PENULIS : YUDA M ZAELANI

EDITOR : M. SOPIAN ANSORI

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id