BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kegiatan Pengembangan APH Cair di Klinik Hama dan Penyakit Tanaman Perkebunan di Satuan Pelayanan Kabupaten Cianjur

  Jul 25, 2019     Admin BPP  

 Metabolit Sekunder yang berasal dari Agens Pengendali Hayati atau yang disebut Metabolit Sekunder Agens Pengendali Hayati (MS APH) merupakan senyawa organik yang dapat dimanfaatkan untuk pengendalian OPT. Metabolit Sekunder adalah untuk menghambat perkecambahan spora patogen, melindungi pertumbuhan awal, membersihkan lingkungan, melindungi dan memperkuat jaringan, menyediakan pasokan nutrisi, merangsang pembentukan zat pengatur tumbuh.  MS APH bersifat mudah larut dalam air, tidak meninggalkan residu, tidak mudah menguap, mudah diaplikasikan, dapat dipadukan dengan pupuk dan pestisida, efektif dan efisien untuk mengendalikan OPT.

Sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi BPP yaitu melaksanakan perlindungan tanaman perkebunan, maka BPP memiliki andil dalam kegiatan pengendalian OPT di lahan perkebunan,Diantaranya dengan adanya kegiatan perbanyakan APH Cair maupun Padat Pada Satuan Pelayanan yang ada di kabupaten pada provinsi jawa barat.

Salah satunya pada Satuan Pelayanan Balai Perlindungan Perkebunan Kabupaten Cianjur kini sudah mulai memproduksi APH Cair, alat dan bahan untuk perbanyakan di pasok dari Balai Perlindungan Perkebunan diantaranya mesin shaker, stater APH, perlengkapan perbanyakan APH padat, dan lain - lain. Pengembangan yang dilakukan diantaranya memperbanyak APH Cair jenis jamur antagonis Trichoderma sp., dan Beauveria bassiana tergantung dari hama atau penyakit sasaran yang akan dikendalikan.

Kegitan ini diikuti oleh 5 petani kopi maupun komoditas lain yang tersebar di kabupaten cianjur Kegiatan ini dalam sebulan dilaksanakan sebanyak 5-7 kali, Tergantung dari Permintaan petani untuk kebun nya masing-masing yang tersebar di kabupaten cianjur

Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mendukung petani dalam menurunkan intensitas serangan hama dan penyakit, serta meningkatkan kesadaran petani akan penggunaan bahan-bahan hayati untuk pengendalian OPT yang lebih ramah lingkungan.

Penulis : Dicky Ramdhan Aprianto

Editor : MS Ansori

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id