BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Disbun Jawa Barat Jajaki Kerjasama dengan Balit Palma

  Jul 25, 2019     Admin BPP  

Senin 22 Juli 2019 Kantor Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian menerima kunjungan dari rombongan dari Balai Perlindungan Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat dalam rangka Adopsi Teknologi Perlindungan Tanaman Kelapa. Diterima langsung oleh Kepala Balit Palma Dr. Ir. Ismail Maskromo, MSi bersama dengan Kepala Seksi Jasa Penelitian Engelbert Manaroinsong, SP, MSi dan Kelompok Peneliti Entomologi dan Fitopatologi Prof. Dr. Ir. Meldy L. A. Hosang, MSi, Dr. Novalisa T. E. Lumentut, SP, MSc, Rahma, SP, MP, dan Staf Jasa Penelitian Kartini N. Kawuwung, SE, bertempat di ruang rapat “Aren” Balit Palma. Pertemuan diawali dengan ucapan selamat datang oleh Kepala Jaslit dan sekaligus memperkenalkan kelompok Peneliti bagian Entomologi dan Fitopatologi yang akan menjelaskan lebih lanjut tentang Hama dan Penyakit, kemudian sambutan oleh Kepala Balai.Rombongan dipimpin oleh Kepala Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan Dr. Drs. H. Dudung Ahmad Suganda, MSi bersama Kasubag TU UPTD Balai Perlindungan Perkebunan Hj. Yuyu Yulianti, SE, Kasie PT – PHT, Maulud Wahyudin, SP, Fungsional Pengendali OPT Madya Ir. Maria Wulan P. P Kasubag Perencanaan dan Pelaporan R. Krisna Gunara, S. Hut, M. Eng, Fungsional Pengendali OPT Penyelia Hj. Lilid Komariah dan Ida Farida, SP, Petugas Satuan Pelayanan Perlindungan Perkebunan Tien Hendarsoh, SE, Fungsional Umum Saepudin.

Dalam kesempatan ini pimpinan rombongan Dr. Drs. H. Dudung Ahmad Suganda, Msi menyampaikan tujuan kedatangan adalah untuk menselaraskan program kerja Dinas Perkebunan dengan misi Gubernur Jawa Barat 2018-2023, yaitu terwujudnya Jawa Barat juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi. Oleh karena itu, sinergitas dan kolaborasi dengan balai komoditas utama diantaranya kelapa perlu dilakukan. Salah satu bentuk sinergitas dan kolaborasi yang dijalin adalah adopsi teknologi pengendalian hama dan panyakit kelapa di Balit Palma. Dr. Dudung juga menambahkan bahwa tanaman kelapa memiliki peran yang sangat penting bagi petani di jawa barat, selain itu dibeberapa wilayah seperti Pangandaran terjadi serangan hama dan penyakit seperti hama Oryctes dan Brontispa. Sebaran tanaman kelapa di Jawa Barat berada di wilayah Cianjur, Banjar, Tasik, Sukabumi, Pangandaran, Garut dan beberapa daerah lainnya. Seiring dengan hal tersebut kepala Balit Palma Dr.Ir. Ismail Maskromo, MS menyambut baik kedatangan rombongan dinas perkebunan sekaligus menawarkan program kerjasama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat mengingat peluang pengembangan komoditas dari sektor perkebunan terutama kelapa sangat terbuka. Selain itu tambah Dr. Ismail bahwa di Jawa Barat belum ada kebun koleksi yang diharapkan dapat membantu penyediaan benih kelapa untuk mengganti kelapa yang sudah tua. Rombongan diajak untuk melihat tayangan profil Balai di Mini Theater Taman Sains Pertanian (TSP), kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Hama dan penyakit oleh Prof. Dr. Ir. Meldy L. A. Hosang, MSi dan Dr. Novalisa T. E. Lumentut, SP, MSc. (KK.5/19)

 

Sumber : http://balitka.litbang.pertanian.go.id/disbun-jawa-barat-jajaki-kerjasama-dengan-balit-palma/

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id