BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Komisi II Apresiasi Perkembangan Kebun Kopi di Jawa Barat

  Mar 31, 2016     Admin BPP  

BANDUNG BB- Saat meninjau Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan Kebun Dinas di Desa Cibodas Cikajang Kab Garut (17/3) Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi terhadap berkembangan perkebunan kopi di Jawa Barat yang kini kembali meningkat.

Dedi Sutardi, Sekretaris Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menjelaskan,  saat ini kopi merupakan komoditas yang paling di minati di dunia,  sehingga menimbulkan ketertarikan di masyarakat untuk kembali mengembangkannya setelah sekian lama kopi asal Jawa Barat terpuruk.

Dikatakannya, yang menjadi kendala saat ini,  pihaknya tidak memiliki dana untuk transport keperluan distribusi benih.  Padahal lanjut Dedi, saat ini permintaan kopi tidak pernah berhenti, termasuk permintaan benih.

“ Untuk distribusi benih saat ini memang harus melalui kabupaten terlebih dahulu, sebelum kemudian kami verifikasi.” ujarnya

Sementara itu Sekretaris Komisi II Asep Wahyu Wijaya yang memimpin kunjungan tersebut,  meminta kepada balai-balai untuk menyampaikan kendala yang dihadapi, dalam mengembangkan komoditas perkebunan di Jawa Barat.

“Kami ingin pengembangan komoditas perkebunan di Jawa Barat fokus pada komoditas unggulan, apa yang memang diminati pasar perlu dikembangkan secara serius.”

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi II Agus Welliyanto Santosa mengakui perlunya dukungan penganggaran untuk mengembangkan komoditas perkebunan termasuk kopi, selain dukungan SDM yang memadai.

“Selama ini dinas-dinas selalu dialas oleh TPAD dalam hal kebutuhan anggarannya.”

Karena itu Agus meminta balai-balai membedah secara rinci apa yang menjadi kebutuhan anggarannya, sehingga dapat disampaikan kepada komisi terkait.

Sebagaimana diketahui Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah membagikan benih kopi unggul kepada para petani hingga 6 juta benih.  Pada 2014 lalu dibagikan 1 juta benih kopi kepada 62 kelompok tani yang tersebar di 6 kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Sumedang, Garut, Sukabumi, dan Cianjur. Sementara pada tahun 2015 disalurkan 2 juta benih kopi kepada 65 kelompok di 11 kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Garut, Majalengka, Sukabumi, Sumedang, Cianjur, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, dan Subang.

Tahun 2016, Pemprov Jawa Barat kembali akan membagikan benih kopi hingga 2 juta benih pohon dan tahun 2017 nanti rencanya akan dibagikan 5 juta (target) benih pohon kopi. Dengan bantuan benih pohon kopi ini akan semakin menambah luas lahan perkebunan kopi di Jawa Barat hingga 35.486 hektar.

 

Sumber : http://www.bandungberita.com/komisi-ii-apresiasi-perkembangan-kebun-kopi-di-jawa-barat/

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id