BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Sosialisasi Kegiatan Pengembangan Desa Organik Berbasis Komoditas Perkebunan Bagi Petugas Di Jawa Barat di Kabupaten Tasikmalaya

  Apr 07, 2016     Admin BPP  

Oleh : M. Sopian Ansori

 

Tasikmalaya – Bertempat di Aula Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Culamega Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya yang terletak pada koordinat N 7’23’19 dan E 108’2’40 pada ketinggian 423 m dpl., BPTP Disbun Jabar menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Desa Organik Berbasis Komoditas Perkebunan Di Jawa Barat di Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6 April 2016.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan salah satu agenda dalam Nawacita yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik, dengan sub agenda peningkatan kedaulatan pangan yang salah satu sasarannya yaitu “1000 desa pertanian organik”. Tanaman Pangan 600 desa, Hortikultura 250 desa, perkebunan 150 desa. Pengembangan desa pertanian organik pada subsektor perkebunan akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2015 s.d tahun 2019, khususnya untuk di Kabupaten Tasikmalaya akan dilaksanakan di dua kelompok tani yakni di Kelompok Tani Sumber Tani Desa Cipicung dan Kelompok Tani Suka Tani Desa Cikuya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya pada komoditi Teh.

Kegiatan Sosalisasi Desa Organik diikuti oleh 40 orang yang dihadiri oleh petani teh, petugas PPL BP3K Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya, Pelaku Usaha Perkebunan.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan kegiatan oleh Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menyinggung tentang rencana hajatan akbar Jawa Barat sebagai tuan rumah PON 2016, juga pentingnya komoditas organik yang bersertifikat untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan daya saing produk di pasar.

Kepala UPTD BPTP juga menyampaikan kata sambutan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada peserta kegiatan, bahwa dengan pertemuan ini diharapkan dapat bekerja sama antara Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten yang di tunjuk untuk melaksanakan kegiatan Desa Organik.

Kegiatan sosialisasi ini dengan narasumber yang berasal dari Direktorat Jendral Perkebunan, dengan menerapkan kegiatan budidaya perkebunan yang ramah lingkungan dengan pola pemenuhan  input usaha tani secara mandiri berbasis kepada potensi agroekositem dan keanekaragaman hayati serta dihasilkannya komoditas perkebunan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id