BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Ngopi Bareng Gubernur

  Apr 21, 2016     Admin BPTP  

Oleh Mochamad Sopian Ansori

Kamis 21 April 2016. Bertempat di Halaman Gedung Pakuan, Gubernur Jawa Barat Bapak Ahmad Heryawan menerima kunjungan resmi Gubernur Bangka Belitung yang secara bersamaan juga menerima Petani Kopi Berprestasi di Ajang SCAA Expo 2016 di Atlanta yang didampingi oleh Kadisbun Jabar Bapak Arief Santosa beserta jajaran pimpinan Dinas Perkebunan Jawa Barat. Seperti kita ketahui bersama bahwa 6 kopi asal Jawa Barat masuk 10 besar kopi terbaik asal Indonesia yang di lombakan di Atlanta Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Keenam kopi Jawa Barat tersebut diantaranya adalah No. 1. Gunung Puntang (Ayi); No.2.  Mekar Wangi (Wildan); No.4. Malabar Honey (Slamet P); No.9. Java Cibeber (Asep); No.11. West Java Pasundan Honey (Dedi Gunung Tilu); No.17. Andungsari (Wildan).

Ajang kejuaraan cita rasa kopi yang pertama kali diikuti oleh Ayi adalah Jakarta International Expo pada Nopember 2015, dimana pada event tersebut Kopi milik Ayi berhasil meraih nilai terbaik 1 (85,3) dan terbaik ke 2 (83,5). Dari hasil kejuaraan tersebut mulailah Kopi milik Ayi dikenal secara dikalangan pencinta kopi.

Selanjutnya sekitar awal tahun 2016 pihak Kementerian Perdagangan RI yang di didukung oleh  Caswells Coffee, yaitu lembaga penjamin mutu produk kopi dengan sertifikat standar Specialty Coffee Association of America (SCAA), menyeleksi kualitas produk kopi dari berbagai daerah di Indonesia yaitu sebanyak 74 sampel kopi, yang hasilnya nanti akan  diikutkan dalam Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016Tanggal 14-17 April 2016 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS). 

Dari 74 sampel tersebut telah terpilih 20 besar sampel dengan skor teratas akan dipergunakan di beberapa aktivitas di paviliun Indonesia dan Standar Specialty Coffee Association of America (SCAA) 2016, yaitu kopi: 1. Gunung Puntang; 2. Mekar Wangi; 3. Manggarai; 4. Malabar Honey; 5. Atulintang; 6. Toraja Sapan, 7. Bluemoon Organic, 8. Gayo Organic, 9. Java Cibeber, 10. Kopi Catur Washed; 11. West Java Pasundan Honey, 12. 12. Pantan Raya; 13. Arabica Specialty Gayo; 14. Arabica Toraja, 15. Golawa; 16. Redelong; 17. Andungsari; 18. Ende; 19. Kopi Catur Hinay; 20. Temanggung.

 

Dan hasilnya kopi Java Preanger asal Gunung Puntang Kabupaten Bandung meraih peringkat pertama dengan skor 86,25 point. 

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat didampingi Kadisbun Jabar mencanangkan Gerakan Petik Merah buah kopi pada panen raya kopi tahun ini.

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id