BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Mekarbuana Jadi “Desa Emas”

  Apr 26, 2016     Admin BPTP  

Sumber daya alam sebagai potensi desa menjadi salah satu andalan utama menciptakan kemandirian dan peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat desa.

Langkah tersebut merupakan gerakan Gubernur Ngamumule lembur ke-4 (GNL-4) yang kali ini memanfaatkan komoditas kopi dan manggis, untuk menciptakan “Desa Emas” di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten karawang.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat  dan Pemerintah Desa ( BPMPD) Provinsi Jawa Barat, Koesmayadi TP, di Bandung, Selasa (19/4/2016) tujuan Desa Emas adalah menciptakan desa  yang mandiri, maju dan sejahtera. Desa tersebut diarahkan maju dan sejahtera karena kemampuan serta kapasitas sumber  daya manusia  desa dapat  mengelola sumber daya alam untuk pembangunan seta perekonimian desa.

“Yang diciptakan adalah Kemandirian desa, karena kemampuan mengelola sumber daya alam sebagai potensi desa. Soal Desa Emas, adalah desa yang memiliki kapasitas sumber daya manusia, infrastuktur, dan regulasi desa, merupakan kompetensi untuk berkompetisi dalam pembangunan,” Ujarnya.

Dalam peranan ini, katanya, penguatan ekonomi perdesaan melalui penguatan badan usaha milik desa (BUMdes) selaku pengelola, produk layanan, dan regulasi . Ada 50 desa yang telah memiliki BUMdes dan sudah operasional, dijadikan pelopor Desa Emas di Jawa Barat.

“Tujuannya untuk mengetahui kondisi eksisting berbagai desa, sebagai salah satu upaya pembangunan perekonomian, sosial , dan budaya masyarakat perdesaan “Desa Emas”,”kata Koesmayadi.

Disebutkan, kegiatan tersebut kini dilanjutkan kegiatan Gubernur Ngamumule  Lembur-4 yang kali ini dilakukan di Desa Mekarbuana, kecamatan Tegalwaru, kabupaten Karawang yang dihadiri Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Rabu (20/4/2016) ini. Desa tersebut diantaranya memiliki andalan utama usaha agro ,misalnya kopi dan manggis yang sekaligus memiliki akses sebagai kawasan desa hutan

Sebelumnya, kegiatan Gubernur Ngamumule Lembur sudah di lakukan di Desa Mandalakasih. Kecamatan Pameungpeuk ,Garut; Desa Kebon Turi ,Arjawinangun dan Desa Nyalindung, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Dijadikan Contoh

Sementara itu di Desa Mekarbuana Karawang, pada Selasa kemarin terlihat salah satu kegiatan utama Desa Emas, adalah menggenjot kemampuan usaha perkebunan rakyat komoditas kopi, melalui penguatan penyuluhan, peningkatan kemampuan penanganan tanaman, pembenihan, pemasaran, penguatan lemabaga dll. Tampak pula sejumlah pihak, seperti badan Koordinasi Penyuluhan , Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bank BNI, PT Pos Indonesia, juga terdapat Pikiran Rakyat Institute, Telkom University dan Telkomsel.

Menurut sekertaris BPMPD Jawa Barat , MA Afriandi, GNL adalah program Gubernur Jawa Barat yang dibuat oleh BPMPD Provinsi Jawa Barat agar dapat mengimplemetasikan segitiga model pendamping desa melalui strategi Desa Laboratorium Sinergi sehingga menjadikan Desa Emas. GNL ke-4 kali ini memperkenalkan potensi Desa Mekarbuana yang terkenal dengan kopi dan manggisnya yang nikmat dan berkualitas.

Pada kegiatan GNL ke-4 akan dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan Simkeudes (Sistem Keuangan Desa) yang merupakan software yang digunakan mengelola keuangan desa. “Tujuannya memudahkan para perangkat desa dalam mengelolalnya tanpa terpacu hanya pada manual,” Ujarnya.

Khusus penguat usaha ekonomi perdesaan di Tegalwaru, katanya . Selain ada penyuluhan hulu hilir kopi tegalwaru, akan ada penandatangan naskah kerjasama antara BMPPD Provinsi Jawa Barat dan “PR” Institute (Kodar Solihat)***

 Sumber : Harian Umum Pikiran Rakyat edisi 20 april 2016

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id