BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Pembinaan Keagamaan Mingguan Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat

  May 13, 2016     Admin BPTP  

Oleh : Reza Dwi Nurdina

Pada hari Senin tanggal 2 Mei 2016, di Mushola Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) dilaksanakan sholat berjamaah dan  pembinaan keagamaan. Yang bertindak sebagai imam shalat dzuhur pada siang itu, Bapak Dede Wahyu,SP.,MP, Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan. Setelah shalat dzuhur berjamaah dilanjutkan dengan Tausiyah singkat yang dibawakan oleh Bapak Dedi Hidayat. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan sedikit tentang makna dari perjalanan isra mi’raj nabi besar Muhammad SAW. Isra dan miraj adalah perjalanan yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW dalam satu malam. Peristiwa ini salah satu peristiwa yang penting bagi umat islam, karena didalamnya terdapat perintah untuk menunaikan sholat.

Peristiwa Isra Mi’raj terbagi dalam 2 peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan salat lima waktu. Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah salat lima waktu diwajibkan.

Sholat dan doa adalah dua hal yang berdampingan, karena dengan sholat dan doa menjadi kekuatan bagi umat islam. Sholat merupakan perintah wajib namun untuk doa didasari dengan ikhtiar dan tawakal kepada Allah SWT. Dalam firmanNya diterangkan “berdoalah kepadaKu niscaya akan Ku kabulkan”. Adapun waktu-waktu diijabahnya doa diantaranya  sepertiga akhir malam, tatkala berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, setiap selepas shalat fardhu, sesaat setelah khutbah pada hari jum’at, doa diantara adzan dan iqamah, doa pada waktu sujud dalam shalat, pada saat sedang kehujanan, pada malam lailatul qadar dan doa pada hari arafah.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id