BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Sosialisasi Kegiatan Pengendalian OPT Tanaman Tembakau Di Kota Banjar Dan Kabupaten Pangandaran

  May 16, 2016     Admin BPTP  

Oleh Handi Noer Hakim

Tanaman tembakau (Nicotiana tabaccum) merupakan salah satu komoditas unggulan di Jawa Barat, selain tanaman kelapa, kopi, kakao, karet, teh, tebu dan cengkeh. Usaha Perkebunan tembakau menjadi usaha padat karya karena penyerapan tenaga kerja dibidang usaha tani tembakau lebih tinggi karena dapat menyerap tenaga kerja tiga kali lipat dibandingkan dengan padi. Untuk mendapatkan produksi tembakau dengan mutu yang baik, terdapat beberapa faktor diantaranya faktor budidaya tanaman dan abiotik.

Potensi tanaman tembakau digunakan sebagai bahan baku pembuatan rokok, namun demikian dibalik potensi tanaman tembakau dan keuntungan dari penjualan produknya menjadi komoditas yang kontroversial. Pada satu sisi memberi dampak positif terhadap kehidupan masyarakat, terutama melalui aspek ekonomi dan sosial juga memiliki dampak negatif dikarenakan kandungan bahan beracun yaitu nikotin. Kandungan nikotin yang terdapat dalam tanaman tembakau juga dapat dimanfaatkan menjadi pestisida nabati. Pemanfaatan nikotin sebagai bahan pestisida nabati bersifat sistemik melalui racun kontak, perut dan pernapasan. Penggunaan pestisida nabati dimuat dalam peraturan perundang - undangan terkait dengan pemanfaatan pestisida nabati dalam penyelenggaraaan sistem budidaya tanaman yang berwawasan lingkungan.

Tanaman tembakau seperti mata koin yang memiliki dua sisi yang berbeda. Disisi lain dianggap merugikan karena memiliki dampak negatif terhadap kesehatan, perilaku yang tidak ”bermanfaat”, dan aspek sosial yang lain, namun juga berdampak positif terhadap laju perekonomian. Untuk menantisipasinya selain gerakan anti rokok yang dipelopori oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Orgaization/WHO), Pemerintah Indonesia pada tahun 1999 pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 81 tahun 1999 jo PP. 38 Tahun 2000 tentang pembatasan kadar tar dan nikotin dalam rokok, yaitu masing-masing 20 mg dan 1,5 mg per batang.  Di lain pihak produksi rokok Indonesia utamanya rokok kretek pada umumnya mengandung nikotin dan tar di atas ketentuan. Untuk mendukung kelangsungan agribisnis dan agroindustri tembakau perlu perbaikan subsistem produksi yang didukung dengan teknologi dan perbaikan sumberdaya pertanian.  Usaha lain yang dilakukan dibidang pertanian ialah dengan melakukan rekayasa  pemuliaan tanaman, dapat dilakukan perbaikan sifat genetik tanaman sesuai kebutuhan pengguna, yaitu petani dan industri rokok.

Balai Proteksi Tanaman Perkebunan  Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan sosialisasi dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan pengendalian OPT pada tanaman tembakau. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 10 & 11 Mei 2016. Lokasi kegiatan Sosialisasi dilaksanakan di 2 (dua) desa yakni, Desa Langensari Kecamatan Langensari Kota Banjar dan Desa Maruyung Sari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran.

Kelompok tani yang dikunjungi adalah kelompok Tani Mujilestari yang diketuai oleh Bpk. Nurjaman dan kelompok Tani Tirta Sari II Ketua oleh Bpk. Mino S dengan jumlah anggota masing-masing sebanyak 25 orang. Terkait dengan hal tersebut, maka sebelum pelaksanaan kegiatan pengendalian OPsT pada tanaman tembakau perlu diberikan pengetahuan dan keterampilan tentang prinsip PHT yaitu ; Budidaya Tanaman Sehat; Pelestarian dan Pemanfaatan Musuh Alami; Pengamatan Rutin dan Petani menjadi Ahli PHT.

Hal lain yang disampaikan kepada peserta kegiatan pada acara sosialisasi, adalah :

  1. Pengenalan OPT penting pada tanaman tembakau,
  2. Pengamatan OPT pada tanaman tembakau
  3. Teknis pengendalian OPT pada tanaman tembakau dengan cara Hayati dan Pestisida Nabati.
  4. Penentuan pohon sempel yang akan diamati,
  5. Teknis pembuatan ekstrak pestisida nabati, jenis biji Nimba,
  6. Teknis pengenceran agens hayati, jenis jamur Beauveria bassiana,

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id