BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Agens Pengendali Hayati Jamur Beauveria bassiana

  May 16, 2016     Admin BPTP  

Beauvaria bassiana merupakan cendawan entomopatogen yaitu cendawan yang dapat menimbulkan penyakit pada serangga. Beauveria bassiana dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom : Fungi

       Filum : Ascomycota

         Kelas : Hypomycetes

             Ordo : Hyporeales

                Famili :Clavipitaceae

                   Genus : Beauvaria

 

Habitat

Beauveria bassiana secara alami terdapat di dalam tanah sebagai jamur saprofit. Pertumbuhan jamur di dalam tanah sangat dipengaruhi oleh kondisi tanah,  seperti kandungan bahan organik, suhu, dan kelembaban.

 

Cara infeksi

Beauveria bassiana masuk ke tubuh serangga inang melalui kulit, saluran pencernaan, spirakel dan lubang lainnya. Inokulum jamur yang menempel pada tubuh serangga inang akan berkecambah dan berkembang membentuk tabung kecambah, kemudian masuk menembus kulit tubuh.  Penembusan dilakukan secara mekanis. Pada proses selanjutnya, jamur akan bereproduksi di dalam tubuh inang. Jamur akan berkembang dalam tubuh inang dan menyerang seluruh jaringan tubuh, sehingga serangga mati. Miselia jamur menembus ke luar tubuh inang, tumbuh menutupi tubuh inang dan memproduksi konidia. Dalam hitungan hari, serangga akan mati. Serangga yang terserang jamur Beauveria bassiana akan mati dengan tubuh mengeras seperti mumi dan jamur menutupi tubuh inang dengan warna putih.

 

Gejala dan Karakteristik Serangga Terinfeksi

Larva yang terinfeksi jamur Beauveria bassiana menunjukkan gejala berupa gerakan yang melambat dan aktivitas makan yang berkurang. Larva kemudian tidak bergerak dan akhirnya mati

 

Efektifitas

Beauveria bassiana ini memiliki kisaran inang serangga yang sangat luas, meliputi ordo Lepidoptera, Coleoptera, Hymenoptera, Hemiptera, dan Diptera.

 

Aplikasi

Bentuk aplikasi jamur Beauveria bassiana dalam upaya mengendalikan hama yaitu dengan metode penyemprotan. 

 

 

Sumber :

Soetopo. D dan Indrayani.I.2007. Status Teknologi dan Prospek Beauveria bassiana Untuk Pengendalian Serangga Hama Tanaman Perkebunan Yang Ramah Lingkungan. Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat. Malang

Rondot, Y and Annette, R, 2013 Potential of the entomopathogenic fungus Beauveria bassiana as an endophyte in grapevine Vitis vinifera. Hochschule GEISENHEIM University Institute of Phytomedicine.

Tersedia online pada http://www.eol.org/pages/160292/overview diakses pada 10 Mei 2016

 

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id