BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Waspadai Tungau Aceria guereronis pada Tanaman Kelapa

  Dec 31, 2015     Admin BPP  

Kebijakan Pembangunan Perkebunan 2015 adalah peningkatan produksi dan produktivitas tanaman  berkelanjutan, serta mewaspadai munculnya OPT baru Tungau  Aceria guereronispada tanaman kelapa.

Tanaman kelapa merupakan komoditas penting yang mempunyai nilai ekonomi tinggi bagi masyarakat Indonesia, karena hampir seluruh bagian tanaman dapat dipergunakan untuk kebutuhan kehidupan manusia. Selain hal tersebut kelapa juga member kontribusi pada bidang-bidang antara lain pangan, kesehatan, energi, lingkungan, pariwisata dengan adanya kerajinan yang berasal dari bagian tanaman kelapa.

Indonesia memiliki lahan perkebunan kelapa terluas di dunia dengan luas areal kelapa mencapai 3,86 juta ha atau 31,2 % dari total areal dunia sekitar 12 juta. Sebagian besar 98% dari total luas perkebunan kelapa di Indonesia merupakan perkebunan rakyat dan sisanya berupa perkebunan Negara dan Perkebunan Swasta. Produktivitas kelapa Indonesia rata-rata 1 ton kopra/ha/tahun atau 4500 butir/ha/tahun. Hal tersebut mungkin disebabkan tanaman kelapa yang diusahakan oleh petani varietas masih campuran sehingga produktivitasnya rata-rata rendah, selain itu serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) juga dapat menurunkan produktivitas (Dewan Kelapa Indonesia, 2014).

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id