BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Tausiyah Singkat Keutamaan Membaca Al Qur'an

  May 31, 2016     Admin BPTP  

 oleh Reza Dwi Nurdina, SP. 

Pada hari Senin tanggal 30 Mei 2016 bertempat di mushola Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Provinsi Jawa Barat, dilaksanakan sholat berjamaah dan pembinaan keagamaan mingguan. Diawali dengan sholat dzuhur berjamaah, yang bertindak sebagai imam shalat dzuhur yaitu Bapak Handi Noer Hakim, SH. Setelah shalat dzuhur berjamaah dilanjutkan dengan Tausiyah singkat yang dibawakan oleh Ibu Lucky Widiastuti, SP. dengan tema “Keutamaan Membaca Al Quran” Al Qur’an adalah kitab suci yang Allah turunkan kepada Nabi besar Muhammad SAW.

Al Qur'an sebagai pedoman hidup untuk para hambanya yang bertakwa. Al Qur'an adalah cahaya bagi orang mukmin, cahaya dalam kehidupan dan cahaya ketika dihari Kiamat nanti. Untuk itu lah, Allah akan memberikan ganjaran yang sangat besar bagi siapa yang membaca dan mengamalkannya. Adapun keutamaan membaca al qur’an diantaranya :

  1. Sebaik-baik manusia yang mempelajari dan mengajarkan alquran , hal ini terkait dengan sabda Nabi Muhammad saw: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)
  2. Pahala membaca Al Quran,Sabda Nabi Muhammad saw: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).
  3. Keutaman membaca Al Quran, Menghafalnya dan pandai membacanya
  4. Pahala bagi orang yang anaknya mempelajari Al Quran, "Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim).
  5. Al Quran memberi syafa’at kepada ahlinya di akhirat
  6. Pahala bagi orang yang berkumpul untuk membaca dn mengkajinya
  7. Dapat menentramkan hati“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS.13:28).

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id