BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Teknologi Tanam Tebu Dengan Menggunakan Benih Tumbuh

  Dec 31, 2015     Admin BPTP  

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik maka jangan takut mencoba inovasi yang baru, mengapa? Dengan mencoba teknologi budidaya tebu yang baru di harapkan bisa meningkatkan hasil produksi, sehingga kesejahteraan petani meningkat. Oleh karena itu selain menggunakan benih yang berkualitas (bersertifikat) kita juga harus berusaha untuk mengembangkan teknologi budidaya yang baru.


Tebu merupakan salah satu komoditas perkebunan yang penting di indonesia, karena gula memegang peranan penting dalam ekonomi pangan di indonesia. Teknologi budidaya tebu yang selalu diperbaharui merupakan pendukung tercapainya industri gula yang dapat memenuhi kebutuhan gula secara mandiri.


Untuk mencapai swasembada gula nasional diperlukan dukungan semua pihak, termasuk didalamnya petani sebagai pelaku utama industri gula dan stakeholder lainnya. Dari segi on-farm, teknik budidaya tanaman tebu yang baik bisa meningkatkan swasembada gula di indonesia. Salah satu teknologi baru penanaman tebu yang cukup berhasil adalah menggunakan teknologi budchip. Budchip adalah teknologi percepatan pembibitan tebu dengan satu mata tunas yang di peroleh dengan menggunakan alat mesin bor dengan mengadopsi teknologi pembibitan tebu dari columbia. Dengan menggunakan teknologi budchip diharapkan akan menghasilkan benih dalam jumlah yang besar (tumbuh banyak anakan) dalam waktu yang relatif singkat, pertumbuhan seragam dan menghasilkan bibit yang sehat, bebas dari penyakit pembuluh.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id